Home Metro Pendidikan

Korupsi Dana BOS SMKN 1 Metro Terkuak

102
0
SHARE
Foto: Dok HandalNews

METRO (HANDALNEWS) Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 2.226.160.000. yang dikelola pihak Sekolah Menengah Kejuruan SMKN 1 METRO, sarat dengan indikasi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Dari penelusuran awak media ini, indikasi KKN dana BOS sekolah tersebut nampak dalam kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler, pembayaran honor serta pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah. 

 
Selain itu, wabah pandemi Covid-19 yang menyerang negeri ini rupanya menjadi berkah tersendiri bagi Kepala SMKN 1 Metro lantaran selama masa pandemi kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring yang makin memudahkan dirinya dalam menggerogoti anggaran untuk kepentingan pribadinya.
 
 Bahkan sepanjang tahun 2020 hingga 2021 tidak jelas arah manfaat dana BOS yang diterima SMKN 1 METRO, dari penelusuran yang dilakukan barulah diketahui jika potensi KKN dana BOS di sekolah itu Nampak dalam kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler tahap 1,2 dan 3 dengan total anggaran mencapai Rp 418,259,750.

Lalu kegiatan pembayaran honor sebesar
Rp 486,980,000. Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah tahap 1,2 dan 3 dengan total anggaran mencapai Rp 399,890,000.
 
Oknum Kepala SMKN tersebut diduga berani memainkan anggaran BOS pada beberapa item kegiatan yang semestinya untuk kepentingan siswa. Namun, diduga kuat selama masa pandemi covid-19 dan siswa mengikuti proses belajar mengajar secara daring, menjadi kesempatan bagi Oknum Kepala Sekolah menyimpangkan anggaran untuk kepentingan pribadi.
 
Pasalnya, dari sejumlah komponen belanja dana BOS yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan di SMKN I KOTA METRO tahun 2020/2021 tersebut. Sehingga ditemukan adanya dugaan Mark-Up (memperbanyak/memperbesar) yang dilakukan pihak sekolah.
 
Adanya dugaan itu, pihak sekolah SMKN I METRO belum dapat di konfirmasi, hal ini akan terus ungkap edisi mendatang. (Red)