Home Pesawaran Politik

KPU Pesawaran Secara Resmi Tetapkan Waktu Dan Tahapan Pilkada, Ini Jadwalnya

310
0
SHARE
Ketua KPU Pesawaran, Yatin Putra Sugino

Handalnews.id, Pesawaran - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran secara resmi telah menetapkan waktu dan juga tahapan-tahapan yang akan dilalui para calon kepala daerah dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten setempat periode 2021-2024.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Pesawaran, Yatin Putra Sugino, Minggu (19/1) pagi. 

"Ya memang sudah ditetapkan dan sudah disosialisasikan juga terkait masalah waktu dan juga tahapan-tahapan dalam pilkada nanti," ujar Yatin melalui sambungan telepon. 

Yatin menjelaskan, nantinya pendaftaran calon kepala daerah akan mulai secara resmi dibuka pada pertengahan bulan Juni, disusul dengan penetapan pasangan calon pada awal bulan Juli 2020.

"Untuk Pendaftaran, sesuai dengan PKPU akan dimulai pada tanggal 16 sampai dengan 18 Juni, kemudian penetapan paslon ditanggal 8 Juli 2020, dan untuk masa kampanye pada tanggal 11 Juli sampai dengan 19 September 2020," jelas dia. 

Yatin melanjutkan, nantinya para calon kepala daerah akan diberikan masa kampanye kurang lebih selama dua bulan untuk mensosialisasikan visi misi dan juga program-program yang bakal mereka tawarkan kepada masyarakat. 

"Ya kalau waktu pemilihan mungkin sebagian besar masyarakat sudah tau, bahwa tanggal 23 September kita laksanakan pemilihan," tambah dia.

Selain itu, Yatin juga mengatakan bahwa, KPU Pesawaran masih menggunakan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 dan juga Peraturan KPU (PKPU) Nomor 18 Tahun 2019 sebagai rujukan dalam memberikan regulasi dan juga menjalankan pelaksanaan pilkada 2020. 

"Memang dalam acara kemarin saya juga sampaikan bahwa hingga saat ini KPU Pesawaran masih menggunakan UU 10 Tahun 2016 dalam pelaksanaan pilkada 2020, dan juga PKPU 18 Tahun 2019," kata dia. 

Dirinya sendiri berharap dengan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pesawaran terkait dengan pelaksanaan pilkada, dan juga dapat membuat para pihak yang terlibat dalam proses pilkada tersebut memiliki kesamaan persepsi dan pandangan tentang regulasi yang nanti akan digunakan. 

"Ya sosialisasi ini penting bagi segala pihak yang terlibat secara aktif dalam kontestasi pilkada nanti, dengan kesepakatan dan kesepahaman bersama terkait regulasi yang telah diatur dalam undang-undang mudah-mudahan pilkada di Kabupaten Pesawaran nanti dapat berjalan secara lancar dan juga kondusif," harapnya.

"Dan yang tidak kalah penting semoga pilkada nanti dapat berjalan secara jujur dan adil sehingga tercipta pemimpin yang berkualitas untuk Kabupaten Pesawaran kelak," tutup dia. (Ismail)