Home Lampung Tengah Pendidikan

Kurikulum Satuan SMAN 1 Kotagajah Mengimplementasikan Lampung Mengaji

173
0
SHARE

Handalnews.id, Lampung Tengah - Sejak beberapa tahun lalu, SMAN 1 Kotagajah, Lampung Tengah (Lamteng) telah melaksanakan kurikulum gerakan Lampung Mengaji, dengan mengimplemetasikannya dalam berbagai bentuk kegiatan keagamaan.

"Sekolah kami ini, sudah melaksanakan program tersebut sejak lima tahun lalu. Kegiatan ini juga masuk dalam kurikulum sekolah, sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN)," jelas Kepala SMAN 1 Kotagajah, Dasiyo Priambodo, S. Pd., M. Pd. Senin (12/8/2019).

Ditambahkannya, kegiatan yang diwajibkan kepada seluruh siswa ini, yaitu menghafal minimal 20 surat-surat pendek dalam jus 'amma (jus 30). Hafalan ini akan diujikan, sebelum siswa kelas XII mengikuti ujian akhir sekolah, karena sebagai syarat untuk dapat mengikuti US dan UN.

Tidak hanya kepada para siswa muslim saja, bagi siswa non muslim seperti yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan lainnya, juga diberlakukan syarat yang sama. Para siswa non muslim, diwajibkan menghafal surat- surat yang ada dalam kitab kepercayaannya masing-masing.

"Persyaratan ini juga, kami berlakukan sama kepada para siswa non muslim. Mereka wajib menghafal surat-surat yang ada dalam kitab kepercayaannya masing-masing," imbuh Dasiyo.

Tidak hanya menghafal surat-surat dalam kitab, siswa juga diwajibkan melaksanakan ritual ibadah lainnya, seperti sholat wajib dan sunnah bagi siswa muslim, atau sembahyang bagi siswa non muslim.

Selain itu, saat melaksanakan ibadah sholat atau sembahyang, pihak sekolah telah menyediakan tempatnya masing-masing, bagi siswa muslim telah tersedia masjid yang berada di halaman belakang sekolah. Sementara non muslim disediakan ruangan khusus, yang disetting seperti keadaan sebenarnya.

"Para siswa muslim, kami tekankan untuk sholat wajib berjamaah di masjid. Sedangkan bagi non muslim, telah kami sediakan ruangan khusus untuk masing-masing agama kepercayaannya," urai Dasiyo.

Sebagai bentuk pembelajaran kepada siswa, agar bisa dan terbiasa, setiap Jum'at pagi, siswa diwajibkan melaksanakan sholat Dhuha di Masjid, yang dilaksanakan pada jam pelajaran ketiga atau sekitar pukul 08.45 wib. Pada saat sholat Jum'at, petugasnya juga diambilkan dari siswa, seperti Bilal, Muadzin, Khotib dan Imam.

"Khusus untuk kegiatan sholat Dhuha, yang dilaksanakan setiap pagi Jum'at, pada jam ketiga atau sekitar pukul 08.45 wib., baru akan kami terapkan mulai tahun 2019 ini," terangnya.

Memasuki bulan Ramadhan, seperti halnya sekolah lain, siswa SMAN 1 Kotagajah ini juga, rutin melaksanakan kegiatan Pesantren kilat (Sanlat) di sekolah. Seluruh kegiatan ini, adalah sebagai bentuk implementasi program Lampung mengaji di sekolah, dan juga sebagai pelaksanaan Visi Misi sekolah. (Gun)