Home Bandar Lampung Ekonomi

Lampung Tetap Jadi Primadona Investastor Meskipun Pandemi

75
0
SHARE
Foto: Gubernur Lampung Arinal Djuniadi saat memimpin Rapat Pembahasan Dukungan Kemudahan Investasi dan Ekspor Lampung di Mahan Agung, Bandar Lampung,

HandalNews.id, BANDAR LAMPUNG - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Lampung mencatat investasi yang masuk terus menunjukan tren positif. 

"Target investasi per Triwulan I 2021 sudah terealisasi di angka Rp6,7 triliun atau sudah berada di angka 62,45 persen dari target investasi Lampung 2021 sebesar Rp10,8 triliun," kata Kepala DPMPTSP Lampung, Yudhi Alfadri, Rabu 14 Juli 2021.

 
Yudhi menjelaskan, jumlah tersebut berasal dari Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) dan juga Penanaman Modal Asing (PMA). Secara rinci, proyek yang berada di PMDN sebanyak 363 proyek dan PMA sebanyak 79 proyek.

"Daerah yang terbanyak mendapatkan PMDN adalah Bandar Lampung dengan total 142 proyek, menyusul dibelakangnya ada Metro, Lampung Selatan, dan Lampung Tengah. Proyek PMA juga terbanyak ada di Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan," ujar Yudhi.

Untuk minat investor, proyek PMA didominasi sektor industri makanan, pangan, serta perkebunan. Sementara PMDN didominasi perdagangan, reparasi, konstruksi, pangan dan perekonomian, serta jasa hotel dan restoran.
 
"Datangnya investor ke Lampung dapat memunculkan tenaga kerja baru. Serapannya signifikan, proyek yang digelar PMA menyerap 27.217 tenaga kerja. Begitu juga PMDN yang menyerap 5.871 tenaga kerja," paparnya.
 
Ia menyebut, banyaknya investasi yang masuk ke Lampung akan dapat meningkat lantaran Gubernur Arinal sendiri telah berjanji akan ramah dengan dunia usaha.
 
"Ini merupakan satu dari program janji kerja Gubernur Lampung yang ramah usaha. Makanya over target (investasi) karena kondisi Lampung kondusif untuk usaha bagi investor," jelasnya.

Penulis: Hanzon Harizal