Home Pesawaran Nasional

Lantik Panitia Ajudikasi Dan Satgas, BPN Pesawaran Kembali Terbitkan Sertifikat PTSL

404
0
SHARE
Poto Dok : BPN Pesawaran

Handalnews.id, Pesawaran - Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pesawaran tahun ini kembali menerbitkan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 15 ribu di atas 20 ribu bidang tanah untuk 16 desa yang tersebar di 5 kecamatan, Kecamatan Waylima, Kedondong, Padang Cermin, Punduh Pidada dan Waykhilau, secara gratis.


“Ya untuk tahun 2020, BPN Pesawaran kembali menerbitkan sertifikat PTSL dan kita haramkan bila di BPN melakukan pungutan, karena untuk pembuatan plus pengukuranya itu sudah dibiayai negara,” jelas Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Pesawaran Nurus Sholichin, A, Ptnh, MM, seusai pengambilan sumpah dan pelantikan panitia ajudikasi, satuan tugas yuridis, satuan tugas fisik dan satuan tugas administrasi PTSL Tahun 2020 di halaman Kantor BPN Pesawaran, Selasa (4/2/2020).


Namun, dijelaskan dia, ada juga biaya pra sebelum dibuatnya sertifikat yang dibebankan kepihak desa pemohon.

“Kalau sertifikat dan pengukuran itu gratis sudah dibiayai negara, tapi untuk pranya tanggung jawab desa masing-masing seperti pengurusan surat menyurat, foto copy, materai dan lain sebagainya,” katanya.

Akan tetapi lanjut dia, untuk besaran biaya yang akan dibebankan kepihak pemohon tersebut, harus berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, agraria, desa dan transmigrasi yaitu 200 ribu perbidang.

“Target kita untuk tahun anggaran tahun ini dipertengahan tahun sudah selesai semua. Sedangkan untuk target keseluruhan warga Pesawaran sudah bersertifikat, kita targetkan di tahun 2024 sudah selesai terpetakan semua,” sebutnya.

Pantauan media ini, acara tersebut di hadiri Kepala Desa, Pokmas, Kepala Kantor POS Persero dan juga Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Ir. H. Kesuma Dewangsa, M.M, kemudian acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Bandar Lampung Tentang Pemanfaatan Layanan PT. Pos Indonesia untuk Efisiensi Pelayanan Pertanahan. (rls/Ismail)