Home Lampung Tengah Pariwara

Lurah Bandarjaya Barat Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan

375
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Lurah Bandarjaya Barat, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng), Samsul Arif, S.I.P., mengajak masyarakatnya untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. 

"Kepada masyarakat, jangan buang sampah sembarangan, bersihkan selokan, gorong-gorong dan rawat semua infrastruktur, yang sudah dibangun oleh pemerintah, agar lingkungan selalu bersih dan sehat, serta terhindar dari banjir," harap Samsul, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (6/3/2020). 

Ditambahkan Samsul, jangan serahkan semua urusan kepada pemerintah, karena kemampuan pemerintah terbatas. Pemerintah sudah memberikan semua sarana dan prasarana infrastrukturnya, maka kewajiban masyarakat adalah menjaga dan merawatnya, agar tetap berfungsi maksimal. 

"Pemerintah kan sudah menyediakan dan memberikan fasilitas infrastruktur, seperti gorong-gorong, drainase dan bangunan lainnya. Maka kewajiban kita merawat dan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing," ajak Samsul. 

Menurut Lurah Samsul, baniir yang terjadi dibeberapa lingkungan dan pemukiman warga, salah satunya karena disebabkan selokan yang mampet akibat tersumbat oleh tumpukan sampah. Ada juga akibat gorong-gorong yang rusak, sehingga aliran air bah tidak dapat mengalir dan naik ke badan jalan. 

Berkaitan dengan rencana pembangunan infrastruktur, yang bersumber dari Dana Kelurahan (DK) pada tahun 2020 ini, Samsul mengatakan, tetap diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur jalan gang kecil, drainase, gorong-gorong dan pengadaan sarana prasarana Posyandu. 

Infrastruktur yang dibangun melalui anggaran DK tersebut, adalah pembangunan yang nilainya kecil dan tidak terjangkau oleh dana APBD. Semua pembangunan yang menggunakan DK ini sesuai dengan usulan masyarakat, namun tetap mengutamakan skala prioritas, atau yang bersifat urgent (lebih penting-red). 

Untuk diketahui, anggaran DK untuk Kelurahan Bandarjaya Barat tahun 2020 ini, yang bersumber dari APBN senilai Rp366 juta, dan APBD Lamteng sebesar Rp272,168,430. Pada tahun sebelumnya, yaitu dari APBN sebesar Rp384 juta, dan dari APBD sekitar Rp285 juta. 

"Rencana pembangunan belum diputuskan berapa volumenya, karena sedang dalam perencanaan dan dihitung oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas). Kalau usulan dari masyarakat, ya banyak, namun disesuaikan dengan kemampuan anggaran," jelasnya. 

Untuk diketahui, luas wilayah Kelurahan Bandarjaya Barat ini cukup luas, yaitu 62 RT dan 5 Lingkungan, dengan kepadatan penduduk tertinggi dari 3 kelurahan dan 7 kampung, yang ada di Kecamatan Terbanggibesar. (Gun)