Home Pesawaran Pemerintahan Daerah

Maksimalkan Penerima, Pemkab Pesawaran Data BLT

353
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran melakukan pendataan terhadap calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu di seluruh desa se-Kabupaten Pesawaran, pendataan ini dilakukan oleh Relawan Desa Lawan Covid-19, yang didalamnya merupakan aparatur desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), M. Zuriadi, Sabtu (18/4) melalui sambungan telepon selulenya.

"Dalam proses pendataan terhadap calon penerima BLT tersebut, seluruh keluarga miskin akan didata," ujarnya.

Lebih lanjut Zuriadi mengatakan, bagi yang sudah menerima PKH, yang sudah menerima bantuan BPNT atau bantuan dari pemerintah lainnya, seluruh akan dilakukan pendataan tanpa terkecuali.

“Pokoknya semua didata dulu penduduk miskinnya, nanti yang sudah mendapat bantuan PKH, BPNT atau bantuan lainnya dari pemerintah akan diconteng, dengan sendirinya mereka yang sudah menerima bantuan masuk kategori tidak memenuhi syarat,” kata Zuriadi.

Zuriadi juga menjelaskan seluruh relawan desa masih terus mengumpulkan data ke rumah-rumah warga yang masuk kriteria miskin.

“Dan ini kita baru bergerak, karena suratnya baru kita terima beberapa hari yang lalu,” jelasnya

Dia juga menambahkan Dana Desa (DD) Tahun 2020 ini di prioritaskan untuk penanganan Corona sesuai ketentuan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Permendes Nomor 11 Tahun 2019.

"Dana Desa yang kurang dari Rp 800 juta mengalokasikan BLT sebesar 25 persen dari jumlah Dana Desa, Dana Desa Rp 800 juta sampai dengan Rp 1, 2 Miliyar mengalokasikan BLT sebesar 30 persen dan untuk Dana Desa yang lebih dari Rp 1, 2 Miliyar maka mengalokasikan BLT sebesar 35 persen," tutupnya.   (Ismail)