Home Lampung Tengah Pariwara

Manfaat Dana Desa Bangun Sari Menuju Kampung Sejahtera

152
0
SHARE
Penjabat (Pj) Kepala Kampung Bangun Sari, Suparno

Handalnews.id, Lamteng - Melalui manfaat Dana Desa, Kampung Bangun Sari, Kecamatan Bekri Lampung Tengah, berhasil menjelma menjadi salah satu kampung sejahtera yang didukung dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan fasilitas infrastruktur, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat.

Penjabat (Pj) Kepala Kampung  Bangun Sari, Suparno mengungkapkan untuk tahun ini (2019-red), pada sektor infrastruktur, Kampung Bangun Sari memanfaatkan kucuran Dana Desa untuk membangun onderlah jalan sepanjang 1331 meter lebar 3 meter, di bangun di dusun dua dan tiga, padat karya 1200 meter di dusun dua dan tiga, sumur bor satu unit di dusun dua.

"Selain itu drainase penahan tanah longsor 300 meter di dusun dua, pos yandu ukuran 5 x10 juga hampir rampung. Dan lapen saat ini belum di kerjakan sepanjang 1000 meter, Semua kerjaan ini kami hati- hati dan di kerjakan sesuai prasedur, pelaksanaan nya.
Sekarang hampir selesai," jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/10/19).

Suparno melanjutkan, untuk urusan peningkatan infrastruktur, pihaknya bersama masyarakat telah sepakat untuk membangun jalan onderlah drainase, sumur bor, padat karya, pembangunan gedung pos yandu dan lapen.

"Jalan yang kami bangun itu menjadi urat nadi mobilitas masyarakat kampung ini, jadi kita tingkatkan kualitasnya agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari," ujar Suparno.

Dikatakannya, infrastruktur jalan merupakan salah satu indikator pembangunan kampung yang bisa dilihat secara kasat mata. Sebab, kondisi jalan yang baik bisa menjadi faktor pendukung dari kemajuan perekonomian masyarakat kampung itu sendiri.

"Untuk sektor kesejahteraan masyarakat, melalui manfaat Dana Desa, kami sudah merealisasikan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Sebab, melalui sektor ini dapat membentuk karakter masyarakat yang inovatif dan mandiri," sebutnya.

Sejauh pengamatan koran ini, kerja keras Suparno dalam mengawal laju pembangunan Kampung Bangun Sari memang sudah membuahkan hasil yang memuaskan.

Hampir sebagian besar kondisi jalan kampung disana sudah diperbaiki. 
Fasilitas infrastruktur penunjang lainnya juga terpenuhi dengan baik. Utamanya kualitas pembangunan yang sudah dilaksanakan terbukti memiliki ketahanan yang cukup tinggi dan mampu bertahan dari segala macam keadaan.

Menurut Suparno, buah kerja kerasnya itu tidak luput dari dukungan seluruh masyarakat Kampung Bangun Sari yang rela bahu-membahu dan bergotong-royong dalam menciptakan pembangunan kampung yang berkualitas dengan prioritas kemasyarakatan.

"Saya hanya menjalankan amanah yang dipercayakan kepada saya dengan sebaik-baiknya. Semua keberhasilan ini tidak luput dari peran serta masyarakat kampung ini juga," imbuhnya.

Keberhasilan Kampung Bangun Sari dalam mengelola Dana Desa ini perlu dijadikan contoh oleh kampung-kampung lainnya yang ada di Kabupaten Lampung Tengah. Sebab, tanpa mengorbankan asas efisiensi dan pemanfaatan.


"Bagi saya sepenuhnya menyadari jika Dana Desa merupakan program pemerintah untuk menciptakan pemerataan pembangunan yang dimulai dari desa. Jika tidak berusaha dengan baik memanfaatkan bantuan tersebut sama saja dengan telah mengkhianati kepercayaan masyarakat kepada saya," ucapnya.

Suparno juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang selama ini sudah membimbing perangkat kampung dalam mengelola Dana Desa sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kami sadar dengan keterbatasan kami, maka kami sangat berterima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang tidak pernah bosan membimbing kami dalam mengelola Dana Desa agar tepat sasaran dan sesuai mekanisme yang ada," pungkasnya. (Iron Guna)