Home Lampung Selatan Pariwara

Manfaat DD, Karang Rejo Berhasil Bangun Infrastruktur

84
0
SHARE

Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Jati Agung - Melalui kucuran Dana Desa (DD) Desa Karang Rejo, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung selatan, berhasil membangun sejumlah fasilitas infrastruktur penunjang kesejahteraan masyarakatnya.

Kepala Desa Karang Rejo, Feriode, ketika ditemui di Kantornya, pekan lalu, mengatakan jika dengan adanya Dana Desa  kini berbagai infrastruktur penunjang percepatan kesejahteraan masyarakar desa  seperti jalan, jembatan, gorong -gorong, tugu pembatas desa dan beragam fasilitas umum lainnya sudah terealisasi dengan baik di Desa Karang Rejo.

Feriode meneruskan, seperti di tahun 2018, infrastruktur yang berhasil terealisasi  yaitu jalan rabat beton, gorong-gorong dan 1 titik tugu pembatas desa.

"Untuk jalan rabat beton dialokasikan di Dusun Tri Maju, Dusun Tri Mukti dan Dusun Tri Jaya. Memang di tahun 2018 kegiatan pembangunan kita fokuskan untuk jalan, beberapa gorong-gorong  dan 1 tugu pembatas desa," ujarnya.

Sementara itu, diteruskan, untuk kegiatan pembangunan di tahun 2019 Dana Desa dialokasikan pada pembangunan onderlagh yang berada di Dusun Tri Maju, Dusun Tri Jaya dan Dusun Gedong Wani dengan jumlah keseluruhan 4150 Meter × 3 Meter, berikut  membangunan 6 unit gorong-gorong dan 2 tugu pembatas desa.

"Untuk ditahun 2019 Pemerintah Desa Karang Rejo, beserta masyarakat desa sudah bersepakat untuk membangun jalan onderlagh, tidak seperti tahun- tahun sebelumnya yang anggaranya digunakan untuk membangun jalan paving blok dan rabat beton, hal ini dikarenakan kondisi tanah jalan yang belum stabil, dan menurut saya pemilihan onderlagh sangatlah tepat," ujar bang Feri sapaan akrabnya.

Ia meneruskan, setelah di onderlagh, Pemerintah Desa Karang Rejo akan berupaya semaksimal mungkin agar jalan-jalan tersebut mendapatkan perbaikan lanjutan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Selatan.

Diterangkan, selain pembangunan infrastruktur, Dana Desa juga dialokasikan untuk kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Untuk kegiatan pembinaan masyarakat desa seperti, penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan atau ketertiban oleh pemerintah desa (Satlinmas Desa), pelatihan/penyuluhan/sosilalisasi  kepada masyarakat dibidang hukum dan perlindungan masyarakat, penyelenggaraan pestival kesenian, adat/ kebudayaan, dan keagamaan seperti perayaan hari kemerdekaan dan hari besar agama di tingkat desa,  penyelenggaraan festipal / lomba kepemudaan dan olahraga di tingkat desa, pemeliharaan sarana dan prasarana kepemudaan dan olahraga milik desa serta pembinaan PKK," tandasnya.

Sementara untuk pemberdayaan, diungkapkannya, direalisasikan pada bidang peningkatan kapasitas aparatur desa, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga.

Lebih lanjut diterangkannya, dalam realisasi kegiatan pembangunan atau kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, dilaksanakan sesuai rancangan anggaran biaya yang ada dan mengacu pada petunjuk pelaksana dan teknis.

"Selain itu, Pemerintah Desa Karang Rejo sangat bersikap transparan terhadap siapa pun terkait penggunaan Dana Desa, bahkan rincian kegunaan Dana Desa dipasang secara terang- terangan di balai desa, dan saya berharap, seluruh elemen masyarakat Karang Rejo dapat bersama- sama menjaga keamanan, ketertiban, dan menjaga infstruktur yang telah dibangun dengan baik.   (Rizal)