Home Pesawaran Hukum

Mantan Kades Hanura Diduga Gelapkan DD, Capai Ratusan Juta Rupiah

1664
0
SHARE

Poto Dok: Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Mantan Kepala Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran diduga telah melakukan penyimpangan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018, penyimpangan tersebut dilakukan dalam bentuk program fiktif yang ada di desa setempat. 
 
"Iya mas memang ada dugaan penyimpangan dan itu baru bisa kami ungkap mulai pada anggaran 2018 kemarin mas," ungkap Yp, warga Desa Hanura, Kamis, (8/8/19).
 
Dirinya menjelaskan dugaan kegiatan fiktif yang dilakukan oleh kepala desa terdiri dari berbagai kegiatan, mulai dari budidaya hewan ternak, pembangunan jembatan hingga perbaikan jalan oleh Kabupaten yang diklaim sebagai program kerja desa. 
 
"Memang banyak fiktifnya, di RAB itu ada pembelian hewan ternak tapi faktanya gak ada hewan ternak, ada juga pembangunan 25 jembatan tapi gak ada jembatannya, sampai perbaikan jalan oleh Kabupaten tapi diklaim oleh desa dan dibuatkan RAB," bebernya. 
 
"Sebenernya memang masih banyak, itu yang saya sebutkan itu cuma beberapa aja," tambahnya. 
 
Dirinya juga mengatakan akan melaporkan dugaan tersebut kepada aparat penegak hukum. Dirinya berharap agar setiap perbuatan yang dilakukan oleh kepala desa dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.
 
Sementara itu Kepala Desa Hanura, Chodri Cahyadi belum bisa dimintai keterangan, awak media telah beberapa kali mencoba menghubungi yang bersangkutan namun belum berhasil.   (Ismail)