Home Pesawaran Kesehatan

Masuki Pancaroba, Dinkes Pesawaran Antisipasi DBD

257
0
SHARE
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Trijoko

Handalnews.id, Pesawaran - Memasuki musim pancaroba, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, memberikan kiat-kiat untuk dapat mencegah kemungkinan terjangkitnya penyakit demam berdarah (DBD), hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Harun Trijoko, Rabu (29/1).


"Ya memang untuk musim pancaroba seperti sekarang ini memang cukup rawan terjadinya penyakit DBD," kata dia.

Harun mengatakan, penyebaran penyakit DBD dapat diantisipasi dengan melakukan beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat di rumah-rumah mereka, mulai dari rutin membersihkan rumah dan menutup semua tempat-tempat yang dapat menyebabkan tergenangnya air. 

"Intinya kebersihan, warga harus selalu berupaya memberikan lingkungan mereka, terutama membersihkan tempat-tempat yang dapat menyebabkan genangan air, sebab itu sarang dari nyamuk Aedes Aegypti," jelas dia. 

Selain itu, Harun mengatakan, upaya pencegahan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti juga dapat dilakukan dengan memberikan Abate.

Selain itu, Harun juga menjelaskan, pihaknya telah rutin melakukan sosialisasi dan juga membagikan Abate ke beberapa Puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Pesawaran. 

"Ya kalau kita sudah sejak satu bulan belakangan ini selalu sosialisasi, kita sosialisasikan ke puskesmas-puskesmas sekaligus kita bagikan Abate," pungkasnya. (Ismail)