Home Pesawaran Hukum

Masyarakat Desa Sukajaya Desak Aparat Penegak Hukum Periksa Kades Elpizar

521
0
SHARE
Poto Dok : Kepala Desa Sukajaya, Elpizar

Handalnews.id, Pesawaran - Masyarakat Desa Sukajaya, Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran, meminta aparat penegak hukum dapat segera memeriksa kepala desa setempat, hal tersebut menyusul dugaan penyimpangan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh Kepala Desa Sukajaya Elpizar. 

"Ya kami berharap agar aparat penegak hukum segera melakukan pemeriksaan kepada kepala desa kami," ungkap salah seorang warga yang enggan disebutkan namany, Jum'at (17/1).

Masyarakat menilai banyak dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kepala desa terkait pengelolaan DD terhitung sejak tahun 2017 yang lalu. 

"Ya kami juga bingung, soalnya sejak tahun pertama menjabat sampai sekarang sangat minim pembangunan," uujar dia. 

Ia mengatakan pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh kepala desa tersebut sangat rentan terhadap dugaan pelanggaran, sebab sebagian besar pengelolaan anggaran dilakukan oleh kerabat dari kepala desa itu sendiri.

"Ya jadi sebagian besar pengelolaan anggaran desa itu dikelola oleh keluarga kades, mulai dari BUMDes yang mengelola anggaran besar, dimana Ketua BUMDes itu adik ipar dari kades, Bendahara Desa anak kandung dari kades, dan Sekretaris Desa (sekdes) yang tidak lain adalah sepupunya kades," papar dia. 

Dia juga menjelaskan, sejak awal berdirinya BUMDes sampai dengan saat ini, tidak pernah terlihat aktifitas dari BUMDes tersebut, kendati setiap tahunnya selalu diberikan anggaran. 

"Ya kita juga bingung, anggarannya ada tapi BUMDes gak pernah berjalan," ucap dia. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan, bahwa masyarakat telah beberapa kali mencoba meminta penjelasan dari kades terkait pengelolaan dana desa dan juga BUMDes tersebut, tetapi selalu mendapatkan jawaban yang tidak memuaskan.

"Ya sudah sering kami kumpul buat bertanya sama kades, pernah tanya waktu itu kenapa kok pengurus BUMDes itu keluarga kades semua, tetapi kadesnya bilang kalau itu hak kades, dan terserah kades untuk menempatkan siapapun," cerita dia. 

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Desa Sukajaya, mempertanyakan realisasi anggaran Dana Desa (DD) yang dikelola oleh kepala desa setempat, sebab masyarakat menganggap banyak terjadi dugaan penyalahgunaan anggaran yang dilakukan kepala desa mereka. 

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Desa Sukajaya, Kecamatan Way Khilau, mempertanyakan realisasi anggaran Dana Desa (DD) yang dikelola oleh kepala desa setempat, sebab masyarakat menganggap banyak terjadi dugaan penyalahgunaan anggaran yang dilakukan kepala desa mereka.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya, Elpizar, belum bisa memberikan klarifikasi terkait permasalahan tersebut, pihak media telah beberapa kali mencoba untuk menghubungi yang bersangkutan melalui sambungan telepon, tetapi hingga berita ini diturunkan kepala desa tersebut belum juga dapat dihubungi.    (Ismail)