Home Lampung Tengah Pemerintahan Daerah

Melalui DD Sendang Retno Menuju Kampung Sejahtera 

92
0
SHARE
Foto dok: Iron Guna

SENDANG AGUNG (HANDALNEWS) Melalui manfaat Dana Desa, Kampung Sendang Retno, Kecamatan Sendang Agung, Lampung Tengah, berhasil menjelma menjadi salah satu kampung sejahtera yang didukung dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan fasilitas infrastruktur, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. 

Tahun ini (2021-red), pada sektor infrastruktur, Kampung Sendang Retno, memanfaatkan kucuran Dana Desa untuk membangun drainase sepanjang 300 meter di sisi kanan dan kiri jalan berikut jembatan mini. Selain itu kucuran Dana Desa juga digunakan untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam upaya penanganan Covid-19. 

Kepala Kampung Sendang Retno, Muhammad Yusuf, saat ditemui mengungkapkan jika untuk urusan peningkatan infrastruktur, pihaknya bersama masyarakat telah sepakat untuk membangun drainase dan jembatan mini serta membangunan taman di lapangan Sepokbola yang lokasi tepat berada di depan balai kampung.

Dikatakannya, infrastruktur drainase dan jembatan mini merupakan salah satu indikator pembangunan kampung yang bisa dilihat secara kasat mata.

Sebab itu bisa menjadi pendukung dari kemajuan perekonomian masyarakat kampung itu sendiri. 
Selain fokus kepada infrastruktur, Muhammad Yusuf juga menerangkan bila pihaknya memperhatikan tingkat kesejahteraan masyarakat Kampung Sendang Retno. “Selain infasrtuktur, kami juga konsen dengan urusan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.
 
Untuk sektor kesejahteraan masyarakat, lebih lanjut Yusuf menerangkan bila melalui manfaat Dana Desa, pihaknya sudah merealisasikan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Sebab, melalui sektor ini pihaknya dapat membentuk karakter masyarakat yang inovatif dan mandiri. 

Dilain sisi, Ladi selaku bendahara kampung mengatakan, jika pada tahun 2021 Dana Desa juga diaplikasikan untuk penanganan Covid 19, seperti pembelian masker, penyemprotan desinfektan dan penyaluran BLT-DD. 

Diterangkannya jika jika semua kegiatan yang dilaksanan berjalan sangat baik dan lancar hal tersebut berkat kepala kampung yang sangat luar biasa dalam memimpin Kampung ini. “Pak Yusuf sangat luar biasa, beliau sangat bersemangat dalam bekerja menjadi pemimpin sekaligus pelayan masyarakat, semua program dilaksanakannya dengan sangat baik tanpa adanya kesalahan,”.

Selain itu Ladi juga menerangkan jika taman yang lokasinya berada tepat di hadapan Balai Kampung Sendang Retno itu sudah selesai dikerjakan dan ramai dimanfaatkan masyarakat setempat untuk bersantai dan jalan-jalan sore. “Kami tidak larang masyarakat jalan-jalan ditaman, namun kami selalu menghimbau agar selalu mematuhi prokes dan menggunakan masker,” tutupnya. (Iron G)