Home Lampung Selatan Pariwara

Melalui Kucuran DD, Merak Batin Ciptakan Desa Sejahtera

300
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Melalui kucuran dana desa (DD) kini Masyarakat Desa Merak Batin, Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan mulai rasakan manfaatnya. Meningkatnya sejumlah infrastruktur desa serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat setempat, membawa Desa Merak Batin bertasformasi menjadi desa sejahtera.

Kepala Desa Merak Batin, Aldin mengungkapkan untuk tahun 2020 ini, pada sektor infrastruktur, Desa Merak Batin  memanfaatkan kucuran Dana Desa untuk membangun jalan Rabat beton sepanjang 1.000 meter X 2.5 Meter X 0.15 Meter, dan difokuskan pada dusun induk.

Selain itu Aldin menambahkan Semua pekerjaan yang  dilaksanakan sudah melalui musyawarah mupakat dengan masyarakat dan pekerjaan yang di laksanakan mengacu pada Standar Operasional Prosedur yang sudah di tetapkan.

"Jalan yang kami bangun itu menjadi urat nadi mobilitas masyarakat desa, jadi pembangunan mesti memperhatikan kualitasnya agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, mengingat pembangunan kali ini terfokus di Dusun Induk Desa Merak Batin," ujar Aldin, ketika dikonfirmasi kemarin.

Dikatakannya, infrastruktur jalan merupakan salah satu indikator pembangunan kampung yang bisa dilihat secara kasat mata. Sebab, kondisi jalan yang baik bisa menjadi faktor pendukung dari kemajuan perekonomian masyarakat desa tu sendiri.

"Untuk sektor kesejahteraan masyarakat, melalui manfaat Dana Desa, kami sudah merealisasikan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Sebab, melalui sektor ini dapat membentuk karakter masyarakat yang inovatif dan mandiri," ucapnya. 

Sejauh observasi awak media koran ini, kerja keras aldin dalam mengjalankan roda pembangunan Desa Merak Batin  memang sudah membuahkan hasil. Terhitung sejak tahun 2019 menjabat, hampir sebagian besar kondisi jalan desa di sana telah diperbaiki. Fasilitas infrastruktur penunjang lainnya juga terpenuhi dengan baik. Utamanya kualitas pembangunan yang sudah dilaksanakan dan terbukti memiliki ketahanan yang cukup tinggi dan mampu bertahan dari segala macam keadaan.

Menurut aldin, buah kerja kerasnya itu tidak luput dari dukungan seluruh masyarakat Desa Merak Batin yang rela bahu-membahu dan bergotong-royong dalam menciptakan pembangunan Desa yang berkualitas dengan prioritas kemasyarakatan.

"Saya hanya menjalankan amanah yang dipercayakan kepada saya dengan sebaik-baiknya. Semua keberhasilan ini tidak luput dari peran serta masyarakat desa ini juga," imbuhnya.

Dilain sisi ketika diwawancarai, salah satu masyarakat Dusun Induk mengatakan jika sangat berterima kasih atas pembangunan.
 
“Syukur tahun ini pembangunan jalan rabat beton ada di dusun induk, karena  selama ini dusun induk malah tertinggal pembangunannya. Harusnya kan dusun induk lebih diperhatikan, Alhamdulillah semenjak Desa Merak Batin dipimpin oleh pak Aldin. Kini kami sudah mulai merasakan manfaat dari pembangunan,” ungkapnya. (Fizai)