Home Bandar Lampung Agama

Menara Masjid Tertinggi di Indonesia Diresmikan, Bandar Lampung Miliki Wisata Religi

139
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, Bandar Lampung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung meresmikan menara Masjid Agung Al-furqon, Jumat, 18 Juni 2021. Pembangunan menara masjid yang disebut tertinggi di Indonesia itu diharapkan dapat menjadi destinasi wisata religi di Kota Tapis Berseri. 


Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, mengatakan hasil pembangunan itu dapat menjadi wisata religi. Mengingat tinggi menara 114 meter mengambil dari jumlah ayat dalam Al-Qur'an, yaitu 114 surat. 

"Alhamdulillah menara Masjid Agung Al-furqon tertinggi se-Indonesia diresmikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi siapa saja. Tempat wisata religi ini bisa menjadi ikon Bandar Lampung," ujar Eva saat peresmian, Jumat, 18 Juni 2021. 

Dia melanjutkan, pengelolaan menara masjid tidak hanya dilimpahkan kepada pengurus masjid. Namun, Pemkot akan turut membantu dalam hal keamanan, kebersihan, dan lainnya.  

"Masalah pembayaran listrik akan Pemkot bantu, dan diharapkan komunikasi Pemkot dan takmir masjid bisa terus terjalin," kata dia. 

Pihaknya juga menginformasi menara masjid itu dibuka secara untuk masyarakat umum. Dengan syarat bisa bersama-sama menjaga hasil pembangunan itu. 

Ketua Pengurus Takmir Masjid Agung Al-Furqon, Bukhari Muslim, mengatakan total ketinggian menara itu 114 meter disamakan dengan jumlah surat yang terkandung dalam Al-Qur'an.

"Untuk dapat naik ke atas ada biayanya yang akan kami diskusikan bersama pengurus. Kami pasti akan buat sekecil mungkin, sekedar biaya pengganti untuk kebersihan dan perawatan. Mungkin sekitar Rp5 ribu sampai Rp10ribu," ujar Bukhari. (Tim)