Home Pesawaran Artikel

"Mengenal Kain Etnik Khas Lampung"

304
0
SHARE
Poto: Dokumentasi

Oleh : Andrea

Handalnews.id, Pesawaran - "Saya Andrea Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Koramil 421-02 Gedong Tataan Cabang XXXIII Kodim 0421 Lamsel Koorcabrem 043 Garuda Hitam. Isteri dari Pelda Sumardi anggota Koramil 421-02/Gedong Tataan Kodim 0421/Lamsel," ujar nya, memperkenalkan diri.


Dia menceritakan Di Desa binaan suami nya yaitu di Dusun Way Layap 1 RT 03/RW 04 Desa Kebagusan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran sebagian besar warganya memiliki keterampilan menyulam kain tapis khas Lampung.

"Kegiatan menyulam kain tapis khas Lampung ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu untuk pekerjaan sambilan dan mengisi waktu luang saja dan hasilnya lumayan untuk membantu ekonomi keluarga," tuturnya.

Dalam waktu sebulan, mampu menyelesaikan satu sampai dengan dua kain tapis tergantung jenis dan motifnya. Dan kain yang sudah jadi ditampung oleh Ibu Sulis warga Dusun Way Layap 1 sebagai koordinator dan menyediakan bahan bakunya. Sedangkan upah pengerajin dalam satu bulan dapat penghasilan sekitar Rp 350.000.

Dia menyebutkan Ada beberapa jenis dan motif yang dibuat oleh ibu-ibu warga Dusun Way Layap 1, diantaranya, Jenis kain selendang dengan motif sasap gunung bertemu dibuat selama 3 - 4 hari. Jenis setelan kain atas dengan motif catur bermanik, sasap bertemu, sasap besar dan bunga.

"Warga disini sangat bangga bisa membuat kain tapis yang merupakan kerajinan khas masyarakat Lampung yang harus dilestarikan," pungkasnya.  (*)