Home Pesawaran Wisata

Meriahkan Festival Krakatau, Dispar Promosikan Ikon Pariwisata Pesawaran

538
0
SHARE
Poto Dok: Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran turut  memeriahkan gelaran Festival Krakatau 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung. Hadirnya Kabupaten Pesawaran dalam acara tersebut sebagai bentuk eksistensi dalam mempromosikan ikon-ikon pariwisata yang ada di kabupaten setempat.

"Ini gelaran yang sangat bagus, gelaran yang bisa menarik perhatian wisatawan untuk dapat menghabiskan waktunya di Lampung, untuk itu Kabupaten Pesawaran tidak mau ketinggalan mempromosikan tempat-tempat unggulan yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Elsyafri Fahrizal, di ruangannya. Jum'at, (6/9).

Elsyafri menjelaskan Kabupaten Pesawaran dapat menjadi pilihan favorit  bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan masa berliburnya di Provinsi Lampung, sebab selain pembangunan dan pengembangan fasilitas pariwisata, Kabupaten Pesawaran juga secara bersamaan terus melakukan pengembangan kualitas SDM dan juga keterampilan masyarakat dalam menunjang industri pariwisata yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Andan Jejama tersebut. 

Terbukti, dalam gelaran Festival Krakatau 2019 kemarin, seluruh karya yang ditampilkan merupakan karya asli ciptaan tangan-tangan kreatif dari masyarakat Kabupaten Pesawaran.

"Pesawaran bisa menjadi lokasi favorit wisata, soalnya selama ini kami juga konsisten membangun kualitas SDM, jadi bukan cuma pembangunan fisik saya yang kami lakukan, tapi keterampilan dari masyarakat kami latih untuk menunjang Pesawaran menjadi lokasi favorit sebagai destinasi wisata yang ada di Lampung," jelas Elsyafri.

"Semua yang kami tampilkan di Festival Krakatau kemarin semua hasil karya sendiri, semua barang lokal, semua hasil keterampilan masyarakat sendiri, baik itu tapisnya, pakaian khasnya, hingga penari pun kami bawa dari sanggar yang memang ada dibawah binaan Kabupaten Pesawaran," tambahnya.

Elsyafri juga menerangkan dalam Parade Budaya kali ini dirinya membawa konsep sebuah cerita yang mengisahkan tentang salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pesawaran yaitu Pantai Dewi Mandapa. 

"Untuk parade budaya kita kisahkan tentang Pantai Dewi Mandapa, dimana disana kita tarik suatu cerita sekaligus kita gambarkan kepada wisatawan bagaimana gambaran dan juga indahnya pantai Dewi Mandapa tersebut," ujarnya. 

"Ya sebenarnya banyak pantai-pantai yang juga tidak kalah indah, seperti Pahawang, Sari Ringgung, tapi mungkin Dewi Mandapa mempunyai daya tarik tersendiri dalam penamaannya yang bisa kita jadikan sebuah cerita," tutupnya.

Diketahui Festival Krakatau 2019 telah berlangsung pada tanggal 21-25 Agustus, selain ikut dalam Parade Budaya, Kabupaten Pesawaran juga turut memeriahkan serangkaian gelaran lainnya seperti peragaan busana khas hingga pakaian fantasi. (Ismail)