Home Lampung Barat Hukum

Miliki Tambang Batu Ilegal, Arogan Jadi Jurus Jitu Heri

233
0
SHARE
Kepala Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat Heri

Handalnews.id, Lambar - Seorang pemimpin seperti kepala pekon seharusnya memiliki jiwa mengayomi masyarakat dan bertutur kata yang baik tetapi, hal itu tidak ditunjukkan oleh Kepala Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Heri. dengan menunjukkan arogansinya dalam bertutur kata secara tidak langsung mencerminkan betapa buruknya SDM yang dimiliki oleh Peratin wilayah tersebut.

Arogansi yang ditunjukan oleh heri tersebut Nampak sangat telihat ketika konfirmasi via telpon terkait dugaan bahwa Heri memiliki tambang batu ilegal yang wilayahnya berada di Kawasan Taman Nasional Bukit Barisa selatan.

Dalam konfirmasi tersebut, Heri dengan nada penuh kemarahan, mengatakan jika tambang batu yang ada di pekonya tersebut milik Iwan, bahkan dia juga mengatakan jika memang tidak ada satupun tambang batu yang memilik surat izin di wilayah Pekon Kubu Perahu.

Sementara itu, dari data dan sumber yang berhasil dihimpun, mengatakan jika tambang batu yang ada di Pekon Kubu Perahu salah satunya  adalah milik Heri selaku peratin.

“Itu tambangnya Pak heri, Peratin disini,” katanya.

Lebih lanjut, sumber menjelaskan, tambang yang ada diwilayah tersebut memang sudah ada sejak dulu, termasuk tambang milik Heri, semestinya Heri selaku Peratin menegur pemilik tambang supaya kegiatan itu dihentikan bukan malah ikut-ikutan mempunyai tambang batu illegal.

Selain itu, sumber menambahkan berdasarkan aturan perundang-undangan,  Sesuai Pasal 158 disebutkan, setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37, Pasal 40 ayat (3), Pasal 48, Pasal 67 ayat (1), Pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah). Secara tidak langsung Heri selaku peratin telah melanggar aturan diatas dan ditambah lagi aturan dari Balai TNBBS terkait masalah pembukaan lahan.

Sumber berharap, permasalahan ini harus segera dituntaskan, yang melanggar hukum sesuai aturan, dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat ikut berperan serta menegakkan aturan yang berlaku.

Selain itu menurut pengelola Balai Besar TNBBS Pekon Kubu Perahu, kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat masuk dalam wilayah kerja Seksi Pengelolaan TN Wilayah III Krui, Bidang Pengelolaan TN Wilayah II Liwa BBTNBBS.

Edisi Mendatang Handalnews.id juga akan membongkar Dugaan KKN Dana Desa dan aliran dana yang masuk ke organisasi Apdesi Kabupaten Lampung Barat.  (Hadi.S)