Home Pesawaran Pemerintahan Daerah

Nanda Indira Dendi : CTPS Langkah Kecil Perilaku Hidup Sehat

152
0
SHARE

Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat. Perilaku sederhana ini bisa melindungi peserta didik dari penyakit.

Demikian diungkapkan, TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, saat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia yang digelar di SMPN 26 Pesawaran, Selasa (5/11/2019)

"Seperti hal nya penyakit Diare dan Saluran pernapasan. untuk itu Kemendikbud khusus Direktorat PSD menghimbau sekolah dasar agar melakukan kegiatan bersama cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," jelasnya.

Nanda mengatakan, tujuan dari kampanye tersebut, adalah penurunan angka kematian anak-anak akibat penyakit diare yang timbul karena kurangnya akses pada air bersih, sarana sanitasi dan sarana cuci tangan.

"Penderitaan karena sakit diare dapat dikurangi dengan melakukan cuci tangan pakai sabun, dimana menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen," ujarnya.

Nanda juga menyebutkan berdasarkan analisa Dapodik tahun 2018, jumlah Sekolah Dasar yang memiliki sarana cuci tangan lengkap dengan air mengalir dan sabun sebanyak 42%.

"Sisanya sebanyak 25% SD sudah memilih sarana cuci tangan, namun belum dilengkapi dengan sabun atau air mengalir. Sedangkan 33% SD tidak memiliki sarana cuci tangan," sebutnya.

Untuk itu tambahnya, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan peran aktifnya mulai dari persiapan pembinaan yang dilakukan secara terus menerus guna meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

"Semoga kerjasama serta  kebersamaan kita ini mendapat hasil yang positif terhadap peningkatan derajat kesehatan Masyarakat kabupaten Pesawaran, sehingga terciptanya masyarakat Pesawaran yang sehat jasmani dan rohani," tuturnya. (Ismail)