Home Lampung Tengah Hukum

Oknum BPN Tanggamus Tipu Masyarakat Kampung Tawang Negeri

139
0
SHARE
Foto dok: handalnews.id

"SUKAMTO KETIBAN SIAL"

Handalnews.id, PUBIAN - Sungguh miris sekali dengan apa yang saat ini di alami oleh Sukamto selaku Kepala Kampung Tawang Negeri, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, dimana dirinya secara sukarela mengembalikan kerugian sebesar Rp 35 juta kepada masyarakat yang telah ditipu oleh oknum yang mengaku dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tanggamus Bernama Dede Pubian, yang beralamat di Pekon Terbaya Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus. 

Sukamto, ketika dikonfirmasi di kediamannya menjelaskan, Oknum BPN yang bernama Dede Pubian meminta kepada Kordinator Lapangan pengurusan sertifikat tanah untuk menyetorkan dana sebesar Rp 55 juta yang akan digunakan untuk pembuatan sertifikat tanah. 

"Dari awal saya tidak terlibat dalam pelaksaan kegiatan pembuatan sertifikat tanah itu, karena ada dibentuk kepengurusan melalui korlap, dari korlap diminta oleh BPN menyetorkan dana sebesar Rp 55 juta," jelasnya. 

Dirinya mengatakan, dana Rp 55 juta yang di dapat dari masyarakat tersebut tadinya akan digunakan untuk pembuatan 500 buku sertifikat tanah, namun ternyata hasilnya nihil. 

"Saya sudah tiga kali mengkonfirmasi kepada Oknum yang mengaku dari BPN tersebut, namun hingga saat ini Dana tersebut tidak dikembalikan," ungkapnya. 

Padahal, Dian Ramaynur dan Dede Pubian sudah membuat surat pernyataan yang dihadiri oleh banyak saksi, untuk mengembalikan dana tersebut. Namun mereka hingga saat ini belom mengembalikan uang tersebut. 

"Selalu mundur dari surat pernyataan yang dibuat oleh Dian Ramaynur dan Dede Pubian untuk mengembalikan uang itu," ungkapnya. 

Dengan adanya hal tersebut, dirinya mau tidak mau harus mengembalikan uang masyarakat yang dibawa oleh oknum - oknum itu. 

"Saya dari awal tidak tahu menahu, kapan ada permasalahan saya yang kena, saya wujud uangnya satu sen pun gak ngerti kok, akhirnya saya mengembalikan uang masyarakat sebesar Rp. 35 juta," ungkapnya.

Ia mengatakan jika akan menempuh masalah ini melalui jalur Hukum. 

"Surat ini sudah saya tembusin ke Camat Pubian, Kapolsek Padang Ratu, Babinkamtibmas, Babinsa Tawang Negeri, Bapak Singo selalu Anggota DPRD sudah menerima surat ini, beliau siap membantu saya, karna saya ini sama aja korban, " ungkapnya. 

Ia juga mengatakan jika saat ini BPK Kampung Tawang Negeri sedang berupaya, tetapi apabila tidak ada hasil dari Oknum BPN tersebut maka akan menempuh jalur hukum. 

"Saya ingin oknum - oknum ini harus ke Tawang Negeri atau ke Polsek Padang Ratu agar di proses secara hukum yang berlaku," Harapnya.

(Iskandar, H.N)