Home Lampung Tengah Pariwara

Pabrik PT KSP Keluarkan Asap Hitam, Puluhan Warga Datangi PWI

368
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Puluhan Warga yang berasal dari Kampung Segala Mider Kecamatan Pubian Lampung Tengah mendatangi Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Tengah untuk meminta bantuan menyelesaikan Polusi yang diakibatkan oleh PT Kriya Swara Pubian (KSP), Rabu (23/10/2019).

Kedangan 25 warga Kampung Segala Mider  di kantor PWI Lampung Tengah pukul 11 siang itu diterima ketua PWI, Ganda Hariyadi, dengan sejumlah pengurus dan anggota PWI Lampung Tengah.

Perwakilan warga, Wan Slamat, mengungkapkan sudah 9 tahun ini di lingkungan kampung Segala Mider telah didirikan perusahaan kelapa Sawit yaitu PT KSP tepatnya sejak tahun 2007 hingga sekarang.

"Namun sejak empat tahun terakhir ini warga sekitar merasakan dampak yang tidak mengenakan akibat asap tebal berwarna hitam. Dampak dari asap tersebut mengakibatkan rumah-rumah warga terkena  debu setebal 4 cm dan menyebabkan beberapa warga  terkena penyakit Ispa," ungkapnya.

" Dan kondisi ini tentu menghawatirkan dan membuat cemas warga, karena dampak berikutnya di khawatirkan bisa mrnyebabkan penyakit TBC karena setiap hari menghirup udara yang kotor dan tak sehat," katanya.

Hal senada juga di sampaikan oleh 
Hendra Winata bahwa dirinya dan warga kampung Segala Mider juga merasakan dari dampak polusi asap tebal fulkanik yang dikeluarkan oleh PT. KSP 

"Kami meminta kepada PT.KSP agar pabrik itu di benahi supaya tidak mengeluarkan asap tebal yang sangat meresahkan warga," tuturnya.


Dia menambahkan, diri nya bersama masyarakat juga pernah berusaha menemui menajer PT.KSP yang bernama Alek tapi tidak bisa di temui dan hanya bisa bertemu dengan Satpam sajanya.

"Kami juga sudah mengutarakan maksud kedatangan kami tapi katanya suruh nunggu pimpinan dari Medan, namun sampai sekarang tidak pernah terwujud upaya mengatasi permasalahan ini. Kami juga pernah mengutarakan hal ini kepada kepala kampung, Bambang Setiawan Aris,  tetapi  juga tidak bisa menyelesikan masalaah ini," katanya.

Dia menambahkan sepertinya pihak KSP sekarang ini tenang-tenang saja meskipun warga sangat resah karena pihak KSP merasa aman ada  oknum aparat di belakngnya, makanya tenang-tenang saja.

"Kami ini orang awam yang berasal dari kampung, kami tidak tahu di mana kami harus mengadu permasalahan ini maka kami datang ke kantor PWI untuk meminta pertolongan mengatasi masalah ini supaya jangan sampai berlarut-larut," ujar Hendra Winata yang di amini puluhan warga lainnya.

Menanggapi permasalahan tersebut ketua PWI Lampung Tengah Ganda Hariyadi sangat prihatin dengan masalah  yang menimpa warga Kampung Segala Mider.

Dia berjanji akan menindaklanjuti masalah ini sampai dengan selesai karena masalah ini tidak bisa di biarkan begitu saja, pihak KSP harus bertanggung jawab dengan masalah ini.

"Pihak Kepala Kampung, Camat, Dinas terkait, DPRD dan Bupati Lampung harus tahu masalah ini sehingga dapat mengatasi masalah ini sampai tuntas," katanya.

Camat Pubian Zulkarnain saat di konfirmasikan sangat mendukung apa yang telah dilakukan warga setempat dengan mendatangi kantor PWI untuk mengadukan masalah ini.

Bahkan Zulkarnain mengaku meski PT KSP sudah berdiri selama 7 tahun, namun  sudah 4 tahun terakhir ini pihak KSP belum melapor dengan pihak kecamatan.

"Saya mendukung dengna apa yang dilakukan oleh warga Segala Mider nanti kami juga ikut menindak lanjuti permasalahan ini," katanya.   (Mis)