Home Lampung Tengah Pariwara

Pada 2020 BNNK Lamteng Prioritaskan Tes Urine ASN

171
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Rencana kerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lampung Tengah (Lamteng) pada tahun 2020, akan memfokuskan tes urine pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Lamteng.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Penindakan dan Pencegahan BNNK Lamteng, Bustami, HR. S,Sos., MM., saat ditemui di Sekretariat BNNK Lamteng di Gunungsugih, Selasa (7/1/2020).

Bahwa ditahun 2020 ini, ada kegiatan tambahan dengan melakukan tes urine bagi para ASN, namun kegiatan Forum Group Diskusi (FGD), Sosialisasi tentang bahaya Narkoba tetap berjalan seperti biasa.

"Ya, pada tahun 2020 ini, kita BNNK Lamteng akan melakukan tes urine di seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan. Tapi kegiatan FGD Sosialisasi penyalahgunaan Narkoba masih berjalan seperti sebelumnya," jelas Bustami.

Kegiatan tes urine bagi para ASN, yang rencananya mulai dilaksanakan sekitar pertengahan bulan Januari 2020 ini, berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Lamteng Nomor : 400/36/Setda.1.03/2019., tanggal 23 September 2019 lalu.

Dalam surat edaran yang disampaikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan kepala kelurahan se-Lamteng, jumlah ASN disetiap instansi yang akan dilakukan pemeriksaan secara acak, yaitu masing-masing OPD sebanyak 10 orang, kecamatan berjumlah 4 orang dan kelurahan 2 orang.

Ditambahkan Bustami, nantinya kegiatan tes urine tersebut, akan dilaksanakan secara acak (tidak terjadwal), dan secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya, baik di masing-masing OPD, kecamatan dan kelurahan.

Menariknya, pegawai yang akan dilakukan tes urine-nya, adalah yang ditunjuk secara acak oleh petugas gabungan BNNK Lamteng, saat berada di lokasi. Tujuannya untuk memastikan, bahwa pegawai ASN yang ada di instansi tersebut bebas dari Penyalahgunaan Narkoba.

Masih kata Bustami, saat turun ke OPD, kecamatan dan kelurahan nantinya BNNK tidak sendiri, tetapi bersama Satres Narkoba Polres Lamteng, Dinas Kesehatan dan Sat. Pol-PP. Tujuan kegiatan tersebut, untuk memastikan sejauh mana ketidakterlibatan ASN Lamteng pada Narkoba.

"Bicara data yang ada di BNNK Lamteng, hingga saat ini tidak ditemukan ASN Lamteng terbukti atau terlibat penyalahgunaan narkoba. Karena kita (BNK Lamteng) belum pernah menerbitkan rekomendasi ke Loka Rehabilitasi melalui BNP Provinsi Lampung," pungkas Bustami. (Gun)