Home Lampung Selatan Pariwara

Paparkan Program KJHLS Gelar Audensi Bersama Bupati Lamsel

47
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin menyambut audiensi pengurus Komunitas Jurnalis Harian Lampung Selatan (KJHLS), Selasa (7/7/2020).

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja bupati setempat itu, Ketua KJHLS, Ma’i beserta rombongan turut didampingi Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan, M. Sefri Masdian.

Hadir juga Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Akar Wibowo, dan Plt Asisten Bidang Administrasi Umum yang juga Kepala Pelaksana BPBD sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam kesempatan itu, Ketua KJHLS, Ma’i memaparkan sejumlah program kegiatan yang digagas anggota KJHLS yang sehari-hari bertugas meliput kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Diantara program KJHLS itu kata Ma’i, yaitu memberikan edukasi tentang protokol kesehatan kepada pelajar tingkat TK, SD, dan Madrasah. Hal itu menyongsong fase new normal yang akan diterapkan pemerintah.

“Ini bentuk kepedulian jurnalis dalam menghadapi era new normal. Jangan sampai dunia pendidikan menjadi klaster baru penyebaran COVID-19,” ujar wartawan Radar TV Lampung ini.

Menurut Ma’i, dari beberapa simulasi kegiatan belajar yang dilakukan, masih ada kesalahan yang kerap diabaikan pelajar. 

“Contohnya kurang menjaga jarak dan mencuci tangan hanya sekedarnya saja. Ini yang perlu kita sosialisasikan, kita berikan edukasi ke pelajar,” kata Ma’i.

Selain dibidang pendidikan, kegiatan serupa juga akan menyasar dunia pariwisata, ketahanan pangan, keagamaan, serta sektor lainnya yang bersingungan langsung dengan masyarakat.

“Untuk itu kami minta dukungan pemerintah daerah agar dapat bersinergi dengan tim gugus tugas,” tutur Ma’i.

Ma’i menambahkan, KJHLS juga mempunyai program talkshow bertajuk “ngobrol pintar” yang melibatkan sejumlah stakeholder.

“Terutama KPU, kita ingin tahu kesiapan mereka dalam menghadapi Pilkada ditengah pandemi ini. Ada juga dari Bawaslu dan Polres Lampung Selatan,” ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, ada Safari Jurnalis dengan terjun ke desa-desa melakukan sosialisasi bekerja sama dengan Karang Taruna. “Ini sebagai upaya mencegah berita hoax ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara, menanggapi hal itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan maupun program kerja KJHLS.

Ia juga menyatakan siap mendukung setiap  kegiatan KJHLS yang sifatnya positif seperti sosialisasi new normal, ngobrol pintar, safari jurnalis maupun program lainnya.

“Atas nama pemerintah daerah saya sampaikan terima kasih, karena KJHLS sudah membantu memberikan edukasi kepada pelajar dalam menghadapi fase new normal,” ujar Nanang.

Nanang berharap KJHLS dapat berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga program-program KJHLS bisa sejalan dengan pemerintah khususnya dalam menanggulangi COVID-19.

“Pemerintah daerah siap menfasilitasi kerjasama supaya sejalan. Mungkin bisa ikut menyalurkan bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat bersama tim gugus tugas,” katanya.

Disamping itu, Nanang juga menyatakan Pemkab Lampung Selatan khususnya dirinya siap dikiritik dengan pemberitaan asal kritikan tersebut membangun.

“Pemerintah tidak anti kritik. Beri masukan-masukan juga kepada kami. Intinya kami terbuka untuk kemajuan Lampung Selatan. Harus ada pemberitaan yang seimbang dan dapat diuji kebenarannya,” tandasnya.  (DT)