Home Lampung Barat Pemerintahan Daerah

Parosil Mabsus Laksanakan Perintah Presiden

146
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Realisasi DD Kabupaten Lambar Sejahterakan Masyarakat

Handalnews.id, Lampung Barat - Dengan memahami kegunaan dan manfaat Program Dana Desa.Bupati Kabupaten Lampung Barat, Parosil Mabsus. Berhasil melaksanakan perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk selalu memantau Realisasi Program Dana Desa disetiap Pekon yang ada dikabupaten setempat.

Bahkan sosok Bupati muda yang satu ini tidak segan-segan ikut membantu masyarakat yang sedang bergotong royong dalam merealisasikan Dana Desa.

"menjadi suatu kebanggaan tersendiri memiliki Bupati seperti Pak Parosil sebab beliau sangat perduli akan pembangunan Infrastruktur yang ada dipekon-pekon," jelas salah satu tokoh masyarakat.

Dilain sisi,menurut Parosil, Program Dana Desa adalah Program terbaik, karena Program ini sangat efektip dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Lampung Barat.

"Desa yang sebelumnya identik dengan keterbelakangan, kemiskinan, penduduk usia renta dan kegiatan serta profesi atau pekerjaan yang homogen, bisa berubah dan berkembang dengan adanya dana desa. Diharapkan dengan adanya dana desa dapat mengubah wajah desa dan pandangan orang terhadap desa," katanya.

Parosil menambahkan dengan adanya dana desa dapat menghambat meledaknya arus urbanisasi. Dana desa diharapkan dapat mencegah penduduk desa usia produktif untuk pindah ke wilayah kota yang lebih menjanjikan secara ekonomi dengan cara meningkatkan kegiatan ekonomi yang berada di desa.

"Dengan kegiatan ekonomi yang terjamin di desa, penduduk desa tidak harus pergi atau berpindah ke kota untuk bekerja dan mencari nafkah, karena hanya dengan bekerja di desa sudah dapat mencukupi kehidupan sehari-harinya," ujarnya.

Lebih jauh, Parosil menjelaskan Dana desa merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN yang diberikan kepada Desa ditransfer melalui APBD kabupaten/kota. Pada prinsipnya, dana desa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan meningkatkan pemeretaan pembangunan di desa.

"Dana desa digunakan untuk pembangunan desa berupa bentuk fisik seperti sarana dan prasarana. Contoh sarana dan prasarana tersebut antaranya jalan, jembatan, pasar, pertanian, dan irigasi. Selain dalam bentuk fisik, dana desa juga digunakan untuk pengembangan pembangunan non fisik desa," sebut nya.

Berbeda dengan pembangunan fisik, pembangunan non fisik merupakan pembangunan yang berkaitan dengan sumber daya manusia, seperti pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi yang berfungsi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan non fisik lebih mengutamakan sumberdaya manusia dan pembangunan ini merupakan dasar untuk pembangunan fisik. Selain sebagai pembangunan fisik dan non fisik, dana desa juga digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan dan pemberdayaan desa," ungkapnya.

"Prioritas dari penggunaan dana desa dapat disimpulkan yaitu sebagai pengembangan dan pembangunan sarana prasarana desa, sarana prasarana sosial pelayanan dasar, sarana prasarana usaha ekonomi desa, sarana prasarana pelestarian lingkungan hidup dan sarana prasarana lainnya," tambahnya.   (Hadi S)