Home Lampung Tengah Ekonomi

Pasar BJP Bocor Para Pedagang Mencak-Mencak

143
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, Lampung Tengah - Karena toko dan barang dagangan mereka basah dibanjiri air hujan, para pedagang pasar Bandarjaya Plaza (BJP) marah, mengumpat sembari mencak-mencak. 


Seperti dikatakan Evi (48), pemilik toko Dony, saat ditemui di tokonya, Rabu (26/5/2021). Semua pedagang yang tokonya terdampak air hujan, selalu disibukan dengan mengemasi dan mengamankan barang dagangannya, bila tidak cepat diamankan, maka barangnya akan rusak. 


"Semua kami yang tokonya kebanjiran, pasti sibuk untuk mengamankan barang, karena kalau tidak ya barang-barang kami rusak. Seperti ini sudah terjadi sekitar empat tahunan," ujar Evi. 


Ditambahkannya, ia merasa dirinya dan para pedagang hanya jadi sapi perahan, setiap hari diwajibkan menyetor retribusi, namun hak pedagang untuk mendapatkan kenyamanan tidak dipikirkan. Hal ini ia rasakan selama pasar BJP dikelola oleh PT. Pandu Jaya Buana (PT. PJB). 


"Kami ini cuma dimanfaatkan untuk setor retribusi, tapi nasib dan kenyamanan kami para pedagang tidak dipikirkan. Saya tidak menyalahkan pemerintah daerah, karena kami tahu yang ngelola pasar ini PT. Pandu Jaya Buana," sergah Evi. 


Dari hasil pantauan di beberapa titik, hampir semua toko, los dan kios yang berada di koridor utama dan tengah, masih terlihat basah, bahkan sampai Rabu (26/5) siang, sisa air hujan yang mengendap di terpal plastik masih menetes ke lantai. 


Pada bagian atap hanya ditutup menggunakan terpal plastik, yang mampu menahan air hujan, akibatnya air yang tertahan tersebut menetes secara perlahan dalam waktu yang lama, sehingga pada lantai depan toko terdapat genangan air. 


Para pemilik toko yang ada di koridor utama mengeluh, mereka harus mengemasi barang dan menutup toko bila turun hujan. Akibatnya, para pedagang merugi, karena hampir dapat dipastikan tidak ada pengunjung dan pembeli, karena di depan toko mereka dibanjiri air hujan. (Gun)