Home Tanggamus Pemerintahan Daerah

Pekon Campang Tiga Maju Pesat Kinerja Suyadi Sangat Baik

461
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Kota Agung - Berkat berbagai Inovasi dan pengelolaan Anggaran Dana Desa (DD) yang sangat baik oleh Suyadi, Selaku Kepala Pekon Campang Tiga, Kecamatan Kota Agung Pusat, Kabupaten Tanggamus, berdampak pada kemajuan Pekon yang sangat pesat. Hal tersebut dapat terlihat dengan berhasilnya Suyadi merealisasikan berbagai pembanguan infrastruktur.

"Alhamdulilah hingga saat ini berbagai infrastruktur sumber Anggara Dana Desa, sudah kami realisasikan dengan sangat baik, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat," kata Suyadi, kepada awak media ini.

Suyadi juga menjelaskan, kegiatan yang dilaksanan oleh pekon merupakan hasil musyawarah Pemerintah Pekon kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga apa yang dibangun merupakan keinginan masyarakat, " Kita membangun sesuai dengan keinginan masyarakat, kalau misalkan masyarakat butuh gorong-gorong kita bangun gorong-gorong, kalau butuh irigasi kita bangun irigasi, Dana Desa ini kan untuk mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Suyadi mengatakan, sejak tahun 2007 hingga tahun 2020, Pekon Campang Tiga merealisasikan DD untuk Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong-gorong, Selokan, Box/Slab Culvert, Drainase, Prasarana Jalan lain), Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Lingkungan Permukiman/Gang, Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Balai Desa/Balai Kemasyarakatan, Pemeliharaan Sambungan Air Bersih ke Rumah Tangga (pipanisasi, dll).

Selain itu iya juga menjelaskan jika Dana Desa juga digunakan untuk kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan masyarakat, seperti : Pengembangan dan Pembinaan Sanggar Seni dan Belajar, Pemeliharaan Gedung/Prasarana Balai Desa/Balai Kemasyarakatan, Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non-Formal Milik Desa(Bantuan Honor Pengajar, Pakaian Seragam, Operasional, dst).

"Itulah kegiatan yang berhasil kami laksanakan dengan cukup baik, artinya sebelum Dana Desa ada Pemerintah Pekon Campang Tiga sudah melakukan berbagai upaya inovasi dibidang pembangunan infrastruktur, sehingganya masyarakat dapat merasa puas dan Pekon juga bisa maju," katanya.

Suyadi juga mengungkapkan, pada tahun 2009 Pekon Campang Tiga Pernah mengikuti Lomba sayang ibu (GSI), dan Pondok Sayang Ibu (PSI), "Pekon kita juga sejak tahun 2009 sangat aktif mengikuti berbagai perlombaan," katanya.

Ia juga mengatakan jika Pekon Campang Tiga merupakan Pekon yang pertama kali di Lampung yang berhasil Open Defecation Free (ODF). "Sejak tahun 2015 di pekon kami sudah tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan, hal ini berkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan," katanya.

Saat ini, Pekon Campang Tiga sedang persiapan Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM), "Pekon Campang Tiga Tinggal menunggu kesiapan dari kabupaten dan Provinsi, kalau Pekon insyaallah sudah siap," ungkapnya.

Dijelaskanya, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.
STBM menekankan kepada 5 (lima) pilar perubahan perilaku higienis, yaitu: Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum di Rumah Tangga (PAM RT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.


selain itu, iya juga menjelaskan jika ditahun 2020 selain digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur, DD juga digunakan untuk pencegahan Wabah Virus Corona / Covid 19, seperti penyemprotan desinfektan ditiap - tiap permukiman masyarakat dan pintu masuk Pekon, pembuatan kran cuci tangan beserta sabun pembersih.

" Hingga saat ini, alhamdulilah masyarakat khusunya Pekon Campang tiga belum ada yang terpapar Virus Corona," jelasnya.


Dilain sisi, beberapa masyarakat ketika diwawancarai mengatakan jika Pekon Campang Tiga sudah sangat baik, berbagai pembanguan infrastruktur yang dibangun sangat kokoh dan bagus.

"Kami sangat puas dengan kepemimpinan Pak Suyadi dan seluruh Jajaran Pemerintah Pekon Campang Tiga, soalnya sangat memikirkan masyarakat, buktinya pembanguan yang direalisasikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Mereka berharap, Pekon Campang Tiga dapat menjadi salah satu Pekon terbaik di Kabupaten Tanggamus. (Halimi/azuar)