Home Tanggamus Fashion

Pekon Kerta di Kerjakan Pembangunan Desa Sesuai Harapan Masyarakat

154
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Tanggamus - Penggunaan dana desa dan Alokasi Dana Desa (DD) pada tahun 2020, Pekon Karta, Kecamatan Kota Agung Timur telah memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat Pekon,”Seperti halnya realisasi untuk pembangunan yang didanai (DD).

Suparman selaku Penjabat (PJ), mengungkapkan, pembangunan yang kami laksanakan pada tahun 2020 ini adalah menjadi pembangunan yang sangat di prorioritaskan di Pekon, yang telah di usulkan oleh masyarakat pada saat Musyawarah Desa (Mudes),” Jelasnya. Saat ditemui wartawan koran ini, selasa (2/3/2021).

Dalam pencairan seperti halnya Terselenggaranya Pengembangan Pariwisata Tingkat Desa, Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan. Sebab Masyarakat kami selalu mengusulkan di Musrembang Pekon/desa. Dan pada akhirnya harapan masyarakat telah terjawab pada pencairan Dana Desa dan DD ditahun 2020,”Jelanya.

“Sehingga kami selaku aparat Pekon telah mempergunakan anggaran ini dengan sebaaik-baiknya sesuai kebutuhan masyarakat dipekon kami. Karena dengan pembangunan semacam ini akan memberikan peningkatan perekenomian masyarakat, ucap Suparman selaku Pj Kerta.

Iya menambahkan “Pengerjaan yang kami kerjakan secara transfaransi dan dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Ini semua untuk kebutuhan masyarakat juga,”

Selain itu, negara berfungsi untuk menjamin keamanan kelangsungan hidup masyarakatnya dan menjamin keadilan sosial di negaranya. Yang terakhir, negara harus dapat mengupayakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakatnya. Dalam mengupayakan kesejahteraan masyarakatnya, negara tidak hanya mensejahterakan masyarakatnya yang berada di perkotaan saja, namun negara harus dapat mensejahterakan masyarakatnya secara menyeluruh termasuk masyarakatnya yang berada di pedesaan.

Banyak sekali upaya yang telah dilakukan pemerintahan Indonesia untuk mensejahterakan masyarakatnya di desa, salah satunya adalah dengan program dana desa. Pada tahun 2015, Presiden Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia, mencanangkan sebuah program baru bernama Dana Desa. Menurutnya, program dana desa ini bertujuan agar perputaran uang di desa bisa berjalan dengan lancar dan tetap berada di desa, sehingga dapat meningkatkan perekonomian di desa.

Selain itu, dengan meningkatnya aktivitas ekonomi di desa maka akan dapat berdampak positif pada perekonomian di daerah desa yang tertinggal jauh dari perekonomian di perkotaan. Dana desa juga dapat mengurangi kesenjangan sosial antara perkotan dengan pedesaan. Program dana desa ini merupakan salah satu wujud negara dalam melaksanakan kewajibannya, yaitu mensejahterakan masyarakatnya, tidak terkecuali masyarakatnya yang berada di desa. Program dana desa sendiri merupakan perwujudan dari UU no. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP no. 66 Tahun 2014 tenrang Dana Desa yang bersumber dari APBN. (Halimi/Azuar)