Home Lampung Tengah Pariwara

Pelaksanaan UTK Guru Produktif SMKN 1 Seputihagung Berjalan Sukses

142
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Teknis (UTK) khusus untuk guru produktif di SMKN 1 Seputihagung, Lampung Tengah (Lamteng), berjalan lancar dan sukses.

Uji kompetensi yang diikuti sebanyak 6 orang guru, yang dilangsungkan di balai perbengkelan sekolah setempat, Kamis (24/10/2019), dimulai sekitar pukul 10.00 wib. dan baru berakhir pada pukul 17.00 wib.

Seperti disampaikan penanggungjawab program UKT berbasis keunggulan wilayah, pada SMKN 1 Seputihagung, Asep Hermanto, ST., MT., tahapannya dimulai dari ujian teori selama 2 (dua) jam, dan dilanjutkan dengan ujiaan praktik.

"Ya Alhamdulillah, kegiatan uji kompetensi khusus untuk guru produktif hari ini, semuanya berjalan lancar dan sukses, tanpa ada kendala," jelas Asep.

Ditambahkannya, untuk uji teknik pengelasan diikuti empat orang guru, yaitu Hariyanto, MT., Bahtera Dian A. S.Pd.T., Saiful Wahyudin, ST., dan Sarminto, S. Pd. Keempat guru tersebut, mengikuti tahapan uji yang diberikan secara cermat dan mendalam.

Sedangkan untuk Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, diikuti dua orang guru produktif, yaitu Mardion, S.Pd., dan Ashari Damanik, ST. Keduanya juga sama dengan guru lainnya, seluruh tahapan uji diikuti dengan teliti, sehingga tidak ada celah sedikitpun kesalahan terjadi.

Masih kata Asep, ke enam guru tersebut menjalani uji sesuai bidangnya masing-masing, untuk praktik pengelasan posisi plat 3G, sementara praktik untuk Teknik kendaraan ringan Otomotif, yaitu praktik Tune Up Mobil Bensin, Karburator dan Elektrik Fuel Injeksi (EFI).

Hasil dari Uji Kompetensi Keahlian ini, selanjutnya direkomendasikan untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi Teknis Pengelasan dan Mekanik Otomotif. Dengan begitu, para guru tersebut dinyatakan telah lulus UTK dan layak sebagai guru Produktif dengan Keahlian Khusus.

Pada UTK tersebut, pihak SMKN 1 Seputihagung menghadirkan dua orang penguji, dari bidang keahlian yang berbeda. Yaitu Kusnanto, S. Pd., dari Lembaga Sertifikasi Profesi, Teknik Otomotif Informasi (LSP-TO) Indonesia. Sedangkan bidang keahlian teknik pengelasan, Deden Suarna, S. Si., dari LSP-LMI.

Seperti dikatakan Kepala SMKN 1 Seputihagung, Drs. Edi Christanto, M. Pd., Kegiatan UKT ini penting, guna meningkatkan kompetensi guru, sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, dapat menambah wawasan dan perkembangan ilmu terbaru, yang tentunya sesuai dengan keilmuan guru. (Gun)