Home Tanggamus Pemerintahan Daerah

Pembangunan DD 2019 Kecamatan Semaka Sesuai Harapan Masyarakat " KERJA BOYIMIN DI AKUI "

319
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Tanggamus - Dalam sebuah perencanaan dan agenda yang sudah ditetapkan untuk membangun sebuah sarana prasarana di bidang infrastruktur seperti jalan desa sepert jembatan dan telford atau pengerasan jalan,yang dikerjakan secara swakelola. Dengan maksud dan tujuan untuk memperdayakan masyarakat sebagai bentuk kepedulian pemerintah pusat melalui pemerintah Daerah. Guna mengedapankan sistem sumber daya manusia (SDM) semakin berkembang didalam tingkat ekonomi yang mapan.

Seperti di Pekon Suka Raja, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.
Telah melaksanakan kegiatan pembangunan sarana prasarana yang selama ini menjadi tujuan utama untuk memajukan Desa/Pekon sebagai wujud kepedulian antara pemerintah desa kepada masyarakanya. Sehingga di tiap - tiap pembangunan yang sedang dikerjakan saat ini supaya bisa berjalan sesuai dengan aturan dan harapan masyarakatnya.

Menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 tentangDesa, dana desa merupakan dana yang dialokasikan dalam APBN, diperuntukkan bagi desa dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat.

Boyimin Wargianto (Kepala Pekon) SukaRaja mengungkapkan, pembangunan yang kami laksanakan pada tahun 2019 ini adalah menjadi pembangunan yang sangat di prorioritaskan di Pekon yang telah di usulkan oleh masyarakat pada saat Musyawarah Desa (Mudes),” Jelasnya. Saat wartawan di kediamannya, Kamis (4/6/2020).

Dalam pencairan Pekon Suka Raja membangun Beberapa alokasi seperti hal nya Pembangunan Drenase,Rabat Beton, dan Pembangunan talud.
Rincianya, untuk di Dusun I dan Dusun II telah dilaksanakan pembangunan jalan rabat beton masing-masing sepanjang 120 meter dan 200 meter. Kemudian, di Dusun III dan IV dilaksanakan pembangunan drainase masing-masing sepanjang 85 meter. Lalu di Dusun VI dilaksanakan pembangunan talud sepanjang 280 meter dengan tinggi 2 meter.

Selain untuk infrastruktur, dana desa tahap I dan II yang diterima Pemerintah Pekon Sukaraja juga sudah direalisasikan untuk bidang pemberdayaan diantaranya, untuk guru ngaji; guru PAUD; kader posyandu, balita, lansia dan bumil; seragam untuk muslimat; keranda masjid; pengeras suara muslimat; seragam untuk kelompok wanita tani; umbul umbul; kalender pekon; pengadaan sarana olahraga berupa kaos tim dan bola; BHP; LPM. Kemudian juga untuk Bimtek Siskeudes bagi Aparatur Pekon. Ucap Boymin Wargianto, selaku Kepala Pekon Suka Raja Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.

Boyimin Menambahkan, " Kalau untuk pengadaan seragam muslimat belum seluruhnya terealisasi, karena baru 650 yang dibagikan dari total 750 seragam,” katanya.

Beliau melanjutkan, Kecamatan Semaka akan kembali dimanfaatkan untuk merealisasikan sejumlah item pembangunan infrastruktur. Diantaranya drainase, paving blok masjid dan pagar stadion mini Sukaraja. Tegasnya.(Red)