Home Lampung Tengah Pariwara

Pembangunan Kampung Sidoharho Utamkan Manfaat

186
0
SHARE

Handalnews.id, Selagai Lingga - Melalui kucuran Dana Desa tahun 2019, Kampung Sidoharjo, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah, berhasil meningkatkan infastruktur serta beraneka ragam fasilitas penunjang di kampung itu.

Penjabat Kepala Kampung Sidoharjo, Samsiran, bersama sekretaris kampung setempat, Enlili, mengatakan jika Dana Desa 2019 yang diterima Kampung Sidoharjo digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur drainase sepanjang 2000 meter yang ada di Dusun 1 dan 2.

Selain itu, Dana Desa juga dimanfaatkan untuk membangun fasilitas sumur bor yang berada di Dusun 2, infrastruktur jembatan yang berada di Dusun 1 dan peningkatan jalan lapisan penestrasi (Lapen) sepanjang 661 meter yang berada di Dusun 1 dan 2.

Menurut Samsiran bersama Enlili, sejumlah pembangunan yang sudah mereka laksanakan itu merupakan buah daripada kesepakatan antara masyarakat Kampung Sidoharjo yang sebelumnya telah melakukan musyawarah.

“Setelah terjadi mufakat diantara masyarakat, maka kami pihak pemerintahan kampung hanya melaksanakan apa yang menjadi keinginan masyarakat,” ujarnya.

Bagi keduanya, setiap pembangunan maupunkegiatan yang menggunakan Dana Desa harus dilaksanakan dengan kesepakatan masyarakat. Sebab, apa yang dikerjakan tersebut nantinya akan dirasakan dan nikmati masyarakat kampung itu sendiri.

“Kalau hanya main asal bangun saja, dikhawatirkan akan tidak tepat sasaran. Sehingga pekerjaan yang sudah dilakukan dengan susah-payah itu hanya akan sia-sia dan mubazir. Sehingga kesannya nanti serampangan dan tidak mengikuti mekanisme,” tandas Samsiran.

Selain itu, dia juga mengungkapkan jika dalam setiap merealisasikan kegiatan, pihaknya selalu mengedepankan kualitas daripada mutu pekerjaan, agar hasil pembangunan bisa bertahan dan mampu digunakan untuk jangka waktu yang lama.

“Dengan merealisasikan pembangunan yang berkualitas, kami memiliki banyak kesempatan untuk merealisasikan pembangunan untuk prioritas lain di kampung ini setiap tahunnya,” tambahnya.

Selain infrastruktur, pihaknya juga memanfaatkan Dana Desa untuk kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyrakat. Maksud dari kegiatan ini, terang Samsiran, adalah untuk menciptakan masyarakat Kampung Sidoharjo yang mandiri dan bisa terangkat kondisi perekonomiannya.

“Kalau masyarakatnya mandiri, maka perekonomian kampung juga akan terangkat. Dengan demikian kondisi kemajuan kampung juga akan semakin baik dan mampu bersaing dengan daerah lainnya yang ada di Lampung Tengah secara khusus,” tukasnya.

Selain itu dia juga menghimbau agar masyarakat Kampung Sidoharjo bisa ikut menjaga hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan. Sebab bagi dia, setiap hasil pekerjaan melalui Dana Desa merupakan milik bersama seluruh masyarakat.

“Menjaga hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan merupakan bentuk tanggung jawab masyarakat dalam ikut mengawal pembangunan kampung untuk menjadi lebih baik,” tukasnya. (Iron Guna)