Home Lampung Tengah Kesehatan

Pemkab Lamteng Terima 7.920 Dosis Sinovak

122
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng), telah menerima sebanyak 7.920 dosis Vaksin Covid-19 (Sinovac), yang diterima langsung oleh Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, Senin (25/1/2021).

Pengiriman ribuan dosis Sinovak dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, dengan pengawalan aparat TNI dan polri, langsung disimpan di gudang logistik dan vaksin Covid-19 Dinkes Lamteng.

Sebagai penerima vaksin pertama, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Lamteng, Lokman Djoyosoemarto menjelaskan, sejumlah 7.920 dosis vaksin Covid-19 tersebut, digunakan untuk tahap pertama sasarannya adalah para pimpinan daerah.

Dimulai dari Sekretaris Kabupaten (Sekkab), para pimpinan DPRD, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lamteng, para tenaga medis/ kesehatan, para penunjang kesehatan Puskesma, Dokter dan Bidan.

Selain itu, imbuh Loekman, pemberian vaksin ini juga ada beberapa kriteria, tidak semua warga akan divaksin, karna ada batasan usia yaitu minimal usia 18 tahun dan maksimal 59 tahun.

Untuk tahap pertama akan segera dilakukan secepatnya, hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan terkonfirmasi wabah tersebut, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), terus menjaga kesehatan untuk memutus mata rantai covid-19.

Loekman juga menjelaskan, bahwa dirinya tidak bisa diberikan suntik vaksin, karena faktor usia yang tidak memenuhi syarat. Artinya bagi warga yang telah berusia diatas 60 tahun, tidak lagi diberikan vaksin, atau warga yang mengidap beberapa penyakit lainnya.

"Saya menghimbau, bagi warga yang telah divaksin agar tetap mematuhi Protokol kesehatan, menerapkan mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak," pungkasnya. (Gun)