Home Tulang Bawang Pemerintahan Daerah

Pemkab Tubaba, Peringati Hari Ibu

136
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Tubaba - Pemerintah Daerah Tulang Bawang Barat (Tubaba), bersama kaum ibu-ibu se-Tubaba, memperingati hari ibu, di Aula Pemda setempat, Senin, (23/12).

Bupati Tubaba Umar Ahmad mengatakan, Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap 22 Desember, yang merupakan peringatan Hari Ibu pada tahun ini.

"Pada moment ini seringkali dimanfaatkan untuk menyampaikan rasa terima kasih, kasih sayang kepada ibu, meski hal ini bisa dilakukan kapan saja walau tak mesti menunggu hari ibu," katanya.

Menurut sejarah lanjut bupati, Hari Ibu yang diperingati di Indonesia berangkat dari cerita yang sangat besar maknanya, bukan hanya menyoal peran perempuan sebagai seorang ibu. Namun ketika itu, 22-25 Desember 1928, di Yogyakarta, 600 perempuan dari 30 oraganisasi yang berasal dari Jawa dan Sumatera, berkumpul dalam Kongres Perempuan I yang membahas berbagai persoalan yang membelit kaumnya.

"Persoalan itu mulai dari pendidikan bagi anak perempuan, perkawinan anak, kawin paksa, dimadu, perceraian, dan berbagai persoalan lainnya. Mereka berkumpul tanpa memperdulikan latar belakang yang berasal dari agama dan budaya yang berbeda-beda," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Cornelia Umar menjelaskan, di moment Hari Ibu ini dirinya mengajak kepada untuk mengenang dan menghargai semangat dan perjuangan kaum perempuan dan para generasi muda untuk lebih memaknai hari ibu.

"Karena ibu adalah sosok yang berperan penting bagi setiap individu baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat dan negara," ucapnya. (Jazuli)