Home Lampung Tengah Pariwara

Penebaran Benih Ikan Diharapkan Mampu Dongkrak Ekonomi Warga

128
0
SHARE
Fhoto dok : handalnews.id

Handalnews.id, Lampung Tengah - Dengan menabur benih ikan di perairan umum, diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat, juga menjaga ekosistem perairan dan lingkungan.

"Tujuan dari penebaran benih ikan ini, untuk pelestarian lingkungan dan juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto, Kamis (10/10/2019).

Penegasan bupati ini disampaikannya, sesaat usai melakukan penebaran benih ikan di embung jln. 45 Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusan Unyai. Jenis ikan yang ditabur di danau tersebut, terdiri dari benih ikan lele, nila, dan gurami.

Menebar benih ikan seperti ini, imbuh Loekman, sebagai bentuk budidaya mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan, adalah satu bentuk dorongan untuk meningkatkan pembangunan budidaya perikanan.

Juga untuk mendukung upaya keberlanjutan budidaya masyarakat konsumsi ikan, salah satunya adalah dengan mendorong keberlanjutannya sumberdaya alam perikanan air tawar.

Penebaran benih ikan kembali ke alam untuk ini, bertujuan untuk memperkaya dan meningkatkan sumberdaya perikanan di perairan umum. Sehingga, perairan umum sepertu sungai, danau maupun waduk, dapat kembali menjadi tumpuan masyarakat sekitar, untuk meningkatkan pendapatan dan gizi masyarakat.

Sanuri (49) warga sekitar embung mengaku, dirinya senang dengan kegiatan tebar benih ikan, yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Ia berharap, benih ikan yang ditebar oleh bupati ini dapat berkembang biak, sehingga mampu memberi manfaat kepada warga.

"Kalau benih ikan banyak, warga nanti bisa menikmati juga hasilnya, kami ucapkan terimakasih," ucapnya. (Gun)