Home Lampung Tengah Ekonomi

Pengelolaan Pasar BJP, FML Minta Pemkab Lamteng Lakukan Lelang Terbuka

90
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, Lampung Tengah - Pasca diputusnya Perjanjian Kerjasama (PKS) pengelolaan pasar Bandarjaya Plaza (BJP), yang dikelola oleh PT. Pandu Jaya Buana (PJB) beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng) diminta lakukan lelang terbuka, untuk pengelolaan berikutnya. 


Hal ini disampaikan Bustami HR., S.Sos., MM. Ketua LSM Forum Masyarakat Lampung (FML), saat ditemui di kediamannya, Selasa (18/5/2021). Alasan dilakukannya lelang terbuka, untuk mengetahui kapasitas dan kapabilitas dari calon pengelola pasar ini kedepan, jangan sampai kekecewaan pemerintah daerah terulang kembali seperti sebelumnya. 


"Untuk pengelolaan pasar itu berikutnya, pemerintah daerah harus benar-benar teliti dan jeli, jangan mudah percaya dengan janji manis. Salah satunya yaitu dengan melakukan lelang terbuka, agar dapat diketahui secara transparan," harap Bustami. 


Sangat penting, lanjut Bustami, dengan dilakukannya lelang terbuka, pemerintah daerah dan DPRD akan tahu kapasitas masing-masing perusahaan calon pengelola. Semua perusahaan yang mengajukan penawaran, harus memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan oleh pemerintah daerah. 


Yang paling penting, perusahaan tersebut berpengalaman dibidangnya, memiliki modal untuk membenahi pasar, juga punya visi untuk memajukan pasar dan perekonomian masyarakat pedagang. Perusahaan pengelola jangan hanya berfikir mengambil keuntungan, tapi tidak berfikir untuk memajukan pasar. 


"Bupati dan pemerintah daerah, harus belajar dari pengalaman yang lalu. Selama lima tahun pasar itu dikelola oleh PT. PJB, gak ada perubahan sama sekali, yang ada justru pasar semakin semrawut," sesal Bustami. (Gun)