Home Tanggamus Pemerintahan Daerah

"Perangkat Pekon Gedung Jambu Kompak" Aprizonsyah : Melalui DD Masyarakat Sejahtera

307
0
SHARE
Fhoto dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Tanggamus - Cara jitu serta Kerja keras dan yang ditunjukan oleh Aprizonsyah S.Kom, selaku Kepala Pekon Gedung Jambu, Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus, telah membuahkan hasil, melalui realisasi Dana Desa (DD) yang tepat sasaran, kini masyarakat Pekon setempat makin sejahtera.

"Dalam bekerja untuk masyarakat saya sangat menjaga kekompakan antara seluruh Perangkat Desa, sehingganya seberat apapun pekerjaan yang harus dilaksanakan terasa ringan dan hasilnya akan lebih baik, ibarat pepatah mengatakan "Berat sama dipikul ringan sama dijinjing," ujar Aprizonsyah kepada awak media ini pekan lalu.

Aprizonsyah juga menjelaskan, sebagai Kepala Pekon dirinya juga sangat bersikap transparan kepada seluruh aparatur desa, terutama kepada Buk Robaiti selaku Sekretaris Pekon Gedung Jambu, sehingga dengan begitu maka akan menemukan satu visi dan misi yang sama untuk kemajuan Pekon dan Kesejahteraan Masyarakat.

"Yang pertama yang harus kita perbaiki dan kita jaga adalah kekompakan dan solidaritas dari seluruh aparatur pemerintah Pekon, baru kemudian kita bekerja untuk masyarakat, dengan begitu maka akan menghasilkan karya-karya yang sangat membantu masyarakat," katanya.

Iya juga mengatakan, sangat bersikap transparan terhadap seluruh lapisan masyarakat, seperti pada penggunaan Anggaran Dana Desa.

"Realisasi Dana Desa yang dilaksanan tiap tahunnya, merupakan usulan dari seluruh lapisan masyarakat melalui Musrenbang Pekon," katanya.

Iya melanjutkan, dengan sikap yang transparan dan penggunaan anggaran Dana Desa yang mengacu pada Rancangan Anggaran Biaya, kini masyarakat Pekon Gedung Jambu sudah merasakan hasilnya.

"Berbagai infrastruktur penunjang Kesejahteran masyarakat sudah bisa dirasakan oleh mereka seperti pembanguan Drainase,jalan dan gorong - gorong belum lagi dibidang kesehatan seperti penyelenggaraan pos kesehatan desa," jelasnya.

Dirinya menjelaskan, pada kegiatan Dana Desa tahun 2019, di bidang kegiatan fisik dialokasikan untuk kegiatan: Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Desa, Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Prasarana Jalan Desa (Gorong-gorong, Selokan, Box/Slab Culvert, Drainase, Prasarana Jalan, Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Usaha Tani.

Serta dialokasikan juga untuk kegiatan, Pengelolaan dan Pembuatan Jaringan/Instalasi Komunikasi dan Informasi Lokal Desa, Penyelenggaraan Informasi Publik Desa (Misal : Pembuatan Poster/Baliho Informasi penetapan/LPJ APBDes untuk Warga, Penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa (PKD)/Polindes Milik Desa (Obat-obatan; Tambahan Insentif Bidan Desa/Perawat Desa; Penyediaan Pelayanan KB dan Alat Kontrasepsi bagi Keluarga Miskin), Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah Non-Formal Milik Desa (Bantuan Honor Pengajar, Pakaian Seragam, Operasional)

Untuk kegiatan pemberdayaan/ pembinaan seperti, kegiatan Pelatihan/Penyuluhan Perlindungan Anak, Peningkatan kapasitas perangkat Desa, Peningkatan kapasitas kepala Desa.

"Alhamdulilah kegiatan untuk tahun 2019, bisa berjalan dengan baik dan sangat maksimal," ucapnya.

Dilain sisi, menurut pengakuan masyarakat setempat mengatakan, pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh pemerintah Pekon Gedung Jambu sangat menguntungkan bagi masyarakat, selain perekonomian semakin maju, Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat juga semakin berkembang, hal ini berkat pembinaan yang terus dilakukan oleh Pekon setempat. (Halimi)