Home Lampung Selatan Pariwara

Perdes No 08 Th 2016 Tentang Sampah Di Desa Way Huwi Terus Digalakkan

315
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Pemerintah Desa Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, terus berupaya untuk menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sesuai dengan Peraturan Desa (Perdes) No 08 tahun 2016 tentang sampah dan limbah. Hal ini diungkapkan oleh Mugihanto selaku kepala desa ketika ditemui di kantornya pekan lalu. 

Mugihanto menjelaskan, dalam Perdes No 08 tahun 2016 di pasal 24 menjelaskan, pembuang sampah atau limbah seperti Sampah rumah tangga, home industri dan pabrik, yang dapat menggangu kenyamanan kebersihan dijalan provinsi, kabupaten, jalan desa, di bahu jalan, di Siring, atau ditanah kosong yang terdapat jalan provinsi atau desa dikenakan denda sebesar Rp.2.500.000.

Dia melanjutkan, agar masyarakat paham akan aturan tersebut Pemerintah Desa Way Huwi telah meletakan plang tentang Perdes tersebut di tempat yang biyasa menjadi langganan masyarakat untuk membuang sampah. 

"Meskipun hingga saat ini belum ada yang tertangkap basah dan belum ada yang kena denda, namun alhamdulilah masyarakat khusunya wilayah Way Huwi sudah sadar akan pentingnya hidup bersih tanpa membuang sampah sembarangan," katanya. 

Pak Mugi, sapaan akrabnya juga menjelaskan jika setiap kali ada sampah yang tertumpuk di pinggir jalan pihaknya selalu turun tangan untuk membersihkan dengan cara membuangnya ke tempat yang seharusnya. 

Iya mengungkapkan jika penyebab masalah sampah yang tidak kunjung usai di Desa Way Huwi tersebut dikarenakan oleh masyarakat luar wilayah, yang sengaja membuang sampah di pinggir jalan, meskipun sudah dipasang plang larangan. 

"Masyarakat pembuang sampah Masyarakat yang lewat, kebanyakan mereka membuangannya pada malam hari," ungkapnya.

Dirinya mendoakan agar para pembuang sampah sembarangan di Desa Way Huwi dapat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi.  (Rizal)