Home Pesawaran Pariwara

Permudah Adminduk, Disdukcapil Pesawaran Terapkan 14 Program

327
0
SHARE
Poto Dok : Disdukcapil Pesawaran

Handalnews.id, Pesawaran - Guna mempermudah masyarakat Kabupaten Pesawaran dalam mengurus administrasi kependudukan (Adminduk), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat terapkan 14 program yang dikeluarkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

"Iya, dalam 14 program yang dikeluarkan ini juga, kita mencoba untuk memangkas birokrasi yang ada, karena selama ini banyak masyarakat yang tidak mau membuat Adminduk, dengan alasan ribetnya birokrasi tersebut," jelas Kadisdukcapil Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa. Senin (2/3/2020).


Pada peraturan ini juga, lanjutnya, Disdukcapil Kabupaten Pesawaran, melakukan langkah langkah terobosan dengan tidak lagi mengeluarkan Suket sebagai pengganti KTP-El bagi warga masyarakat Bumi Andan Jejama yang telah melakukan perekaman.

"Jadi kalau masyarakat yang kehilangan KTP, kemudian KTPnya rusak, perubahan status, dan pindah domisili bisa langsung di cetak KTP El ke kantor Disdukcapil, jadi tidak perlu lagi minta surat keterangan dari desa. Hal ini sesuai dengan program 14 langkah Pelayanan Disdukcapil menuju pelayanan prima dan misi pertama "Dermawan" untuk mewujudkan Pemerintahan yang bersih, terpercaya dan melayani," paparnya.

Inilah 14 program yang dikeluarkan Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk mempermudah masyarakat dalam melengkapi berkas kependudukan.

1. Pelayanan Integritas 3 in 1, 4 in 1 sampai 6 in 1, ini adalah layanan satu paket mencakup KTP El, KK, akta kematian, akta lahir, akta perkawinan, dan KIA.
2. Pembuatan KTP-El tidak menggunakan pengantar RT/RW atau kelurahan/desa cukup membawa foto copy KK.
3. Perekaman dan pembuatan KTP- El yang tidak merubah elemen data boleh dibuat di luar domisili.
4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk percepatan cakupan akta kelahiran.
5. Bangun ekosistem : data dan dokumen kependudukan digunakan untuk semua keperluan.
6. Akta kelahiran Online
7. Pemanfaatan data kependudukan untuk semua keperluan (perjanjian kerjasama dengan semua OPD, instansi vertikal, BUMN/BUMD.
8. Pindah penduduk tidak perlu lagi pengantar RT RW, desa maupun kecamatan, cukup datang ke Disdukcapil dengan membawa foto copy KK.
9. Penyajian data penduduk sampai tingkat desa berbasis kewilayahan (geographic information system/GIS)
10. Face Recognition dengan foto KTP-El untuk penegakan hukum
11. Dukcapil Go Digital, yaitu semua dokumen ditandatangani secara elektronik.
12. Inovasi berkelanjutan dan seluruh pelayanan dokumen gratis
13. Tindakan Afirmatif/kemudahan (pelayanan untuk pemilih pemula, lapas dan orang sakit)
14. Pemberian identitas untuk semua usia : KTP-El dan KIA.  (Ismail)