Home Tulang Bawang Pariwara

Permudah Masyarakat, Disdukcapil Tubaba Berikan Pelayanan CS

33
0
SHARE

Poto Dok: Handalnews.id

Handalnews.id, Tubabarat - Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil ) Kabupaten Tulang Bawang Barat melayangkan program Comunity Servis Penduduk dan catatan sipil (CS Dukcapil). Senin, (2/12).

Kepala Disdukcapil Tubaba mengatakan layanan tersebut mengacu pada peraturan Menteri dalam negeri (Mendagri) No 7 2019 Tentang Pelayanan dalam Jaringan atau lebih dikenal dengan sebutan Kios Pelayanan maka Disdukcapil Tuba barat membuat pelayanan Comunity Servise (CS Dukcapil).

"Guna memberikan akses pelayanan mudah bagi masyarakat Tuba barat untuk mendapatkan pelayanan Akta Kelahiran, Akte Perkawinan, Kartu Keluarga atau perubahan data penduduk di setiap instansi atau kantor pelayanan publik. Misalnya Rumah sakit, Puskesmas dan kantor tiyuh masing-masing," jelasnya.

Untuk sementara katanya, program CS Dukcapil sudah berjalan di beberapa tiuh Di Kecamatan Tumijajar dan untuk di pelayanan kesehatn CS Dukcapil sudah ada di Rumah sakit Assy-Syfa.

"Tingkat efisiensinya lebih mudah terutama waktu yang mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan data penduduk dimanapun pelayanan publik seperti misalnya Di Puskemas, Rumah Sakit dan Di Tiyuh-tiyuh sehingga masyarakat tak perlu bolak balik untuk mengurusi data atau dokumen penduduk," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa tidak ada biaya dalam bentuk apapun karena sudah kewajiban pelayanan publik untuk membantu pengurusan dokumen penduduk.

"Program ini sudah berjalan dua bulan berlangsung sehingga masih perlu banyak sosialisasi kepada masyarakat, maka kami Disdukcapil perlu dukungan dari setiap instansi kususnya instansi pelayanan publik yang ada Di Tubaba," ucapnya.

"Akan tetapi kini Disdukcapil berbenah diri dan mengeluarkan program-program yang dapat memudahkan pelayanan untuk masyarakat Tubaba," timpalnya. (Jaz)