Home Lampung Selatan Pemerintahan Daerah

Plt Bupati Lamsel, Ingatkan Kades, Penanggulangan Covid-19 Gunakan DD

169
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, menegaskan kepada Kepala Desa agar pergeseran penggunaan Dana Desa (DD) harus benar-benar bermanfaat untuk masyarakat dalam rangka penanggulangan wabah virus Covid-19 di Lampung Selatan.

Plt Bupati juga menegaskan agar semua Kepala Desa bergerak cepat serta memikirkan secara matang penggunaan DD dengan memperhatikan penanganan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Hal itu ditegaskan Nanang Ermanto saat memberikan arahan kepada Kepala Desa 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Penenghaan dan Kecamatan Palas, yang terbagi dalam tiga sessions, di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati, Sabtu (11/4/2020).

Nanang meminta Kepala Desa, Sekdes, Pendamping Desa, Petugas Operator Desa, untuk merumuskan pergeseran Dana Desa (DD), berkoordinasi bersama instansi terkait agar dalam pengalokasian Dana Desa tepat sasaran.

“Kita harus bergerak cepat dalam penanganan covid-19 ini. Tujuan kita yang utama adalah, bagaimana cara kita menyelamatkan masyarakat dari wabah covid-19 ini, baik dari sisi kesehatan masyarakat, juga dari dampak ekonomi yang timbul,” ujar Nanang.

“Hilangkan pikiran kita dari niat jahat dalam mengelola anggaran. Pikiran kita hanya satu, bagaimana caranya menyelamatkan rakyat,” tegas Nanang.

Acara yang dipandu Pj. Sekretaris Daerah, Thamrin, S.Sos, M.M tersebut, berlangsung sejak Jum’at (9-4-2020) hingga Rabu mendatang (15-4-2020) dalam rangka menyamakan persepsi tentang penanganan wabah Corona Virus Covid-19 di Desa yang penggunaan anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD).

Para Kepala Desa diberikan arahan dari Dinas/Instansi terkait, seperti Inspektur, Dinas PMD, Dinas Sosial, Direktur RS. Bob Bazar, agar penggunaan Dana Desa tepat sasaran serta tidak menimbulkan dampak hukum dikemudian hari.  (DT)