Home Pesawaran Pemerintahan Daerah

Pulau Pahawang Jadi Destinasi Prioritas Di Provinsi Lampung

223
0
SHARE

Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Pesawaran - Pemerintah Provinsi Lampung akan menjadikan pulau Pahawang sebagai destinasi unggulan. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim saat membuka secara resmi Festival Pahawang tahun 2019, di Dusun 3 Jalarangan, Desa Pulau Pahawang, Sabtu (30/11).

"Sesuai visi dan misi Gubernur Lampung, kita memang ingin Provinsi Lampung kaya akan festival, oleh sebab itu, kita akan jadikan pulau Pahawang menjadi destinasi prioritas di Provinsi Lampung," ungkapnya. 

Bahkan, dikatakannya lebih lanjut, dirinya pun meminta untuk bisa dilibatkan dalam kegiatan festival Pahawang yang akan datang.

"Saya berharap juga kedepan, saya datang ke Festival Pahawang bukan sebagai tamu, tapi bisa terlibat langsung dalam kegiatan ini, agar lebih maju lagi," lanjutnya. 

"Apalagi dulu saat saya sebagai Bupati (Lampung Timur) selain Way Kambas, Pahawang juga sering saya jual," timpalnya. 

Maka dari itu, ditambahkannya, Pemprov Lampung akan siap mendukung pengembangan wisata pulau Pahawang.

"Tadi juga pak Bupati (Dendi Ramadhona-red) minta untuk pembangunan dermaga, saya akan selalu ingatkan pak Gubernur untuk hal ini, karena kami juga meminta kepada Dinas Pariwisata Provinsi Lampung untuk bekerja lebih keras guna menggenjot pengembangan potensi wisata yang ada di Lampung, termasuk di Pesawaran yang memang memiliki potensi yang luar biasa," tambahnya. 

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menginginkan Festival Pahawang menjadi salah satu agenda rutin di Provinsi Lampung.

"Saya berharap kedepan Festival Pahawang ini kedepan bisa masuk sebagai kalender rutin kegiatan di Provinsi Lampung, karena saya melihat kegiatan ini memiliki progres yang baik, terutama kemandirian masyarakat," tukasnya. 

"Dan saya juga punya harapan kedepan festival Pahawang bisa digelar sendiri oleh masyarakat Pahawang, sehingga keuntungan yang diperoleh bisa menjadi pendapatan desa, sehingga bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat," sambungnya. 

Kendati demikian, kata dia, Pahawang masih butuh dukungan aktif dari Pemprov Lampung, khususnya pada bidang infrastruktur.

"Masih ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian, seperti perbaikan dermaga di Pahawang, agar bisa pembangunannya dimaksimalkan agar ketika kondisi laut surut kapal masih tetap bisa bersandar, karena memang perlu dipanjangkan lagi dermaganya, saya berharap Pemprov Lampung bisa mengakomodirnya, dan yang terbaru Pahawang juga pada akhir Desember 2019 ini sudah akan teraliri listrik jaringan bawah laut, guna mendukung sarana dan prasarana yang ada, sehingga wisatawan yang berkunjung bisa merasa nyaman dan ingin kembali ke pulau Pahawang," tutupnya. (Ismail)