Home Lampung Barat Komunitas

Puskesmas Buay Nyerupa, Berikan Pelayanan Yang Maksimal

104
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lambar - Puskesmas Buay Ngerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, memberikan pelayanan yang maksimal dan sangat baik kepada pengunjung yang berobat.  

Sardi selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Puskesmas setempat mengatakan,  sebagai salah satu garda terdepan di bidang kesehatan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Buay Nyerupa berkewajiban untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.

"Kita tidak mau mengecewakan masyarakat yang berobat, bekerja dengan iklas dan memberikan pelayanan yang memuaskan adalah kewajiban kami pihak Puskesmas," tuturnya.  

Dia juga mengatakan, kesehatan merupakan kunci utama dalam menjalani kehidupan, di dalam diri yang sehat mampu melaksanakan semua kegiatan pekerjaan.

"Kesehatan merupakan kebutuhan paling pertama dalam kehidupan,  jadi kita pihak puskesmas tidak pernah main-main dalam memberikan pelayanan kesehatan," katanya.  

Selain memberikan pelayanan yang baik,  Puskesmas Buay Nyerupa juga melakukan berbagai sosialisasi terhadap masyarakat maupun dunia pendidikan tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat.

"Sebagai bentuk keperdulian dan keseriusan kita terhadap kesehatan, dan merupakan program kesehatan maka  pihak kami Puskesmas Buay Nyerupa melakukan berbagai sosialisasi," ujarnya.

Seperti, sosialisi tentang Dokter Kecil (Dokcil)  kepada dewan guru, dan siswa tingkat SD/MI, se-Kecamatan Sukau. 

Dijelaskan, Dokter Kecil (Dokcil)  adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

"Pihak sekolah Tingkat SD/MI, melakukan seleksi terhadap siswa masing-masing. Mana yang berpotensi untuk bisa mengikuti pelatihan Dokcil, setelah itu kami pihak puskesmas meberikan pelatihan dan pengarahan tentang tatacara menjadi Dokter kecil," jelasnya.  

Setelah terpilih tambahnya, sebagai Dokter Kecil dan telah mengikuti pengarah dan pelatihan dari Puskesmas, Dokcil akan bertugas sebagai, penggerak teman agar saling mengamati kesehatan, pengenalan dini penyakit, pengobatan sederhana/ penolongan pertama, mengamati kebersihan warung dan kebun sekitar sekolah, Pengamatan hygiene dan anitasi rumah dan sekolah: halaman, ruang kelas, perlengkapan, persediaan air bersih, Penjagaan kesehatan terhadap kecelakaan  kotak P3K,alat pemadam kebakaran, alat bermain, lapangan bermain,  Pencatatan dan pelaporan, Rujukan.

"Sebagai bentuk keperdulian Puskesmas Buay Nyerupa dan sesuai Program Kesehatan,  kita pihak Pihak Puskesmas memberika sosialisasi yang sangat serius terhadap program Dokcil ini," ungkapnya kembali.

Dilain sisi, salah satu masyarakat yang berobat mengatakan, sangat senang berobat di Puskesmas Buay Nyerupa,  pasalnya pelayanan yang diberikan sangat baik sekali.

"Pegawainya ramah-ramah dan pelayanannya sangat baik sekali," ungkapnya.  (Rizal)