Home Lampung Selatan Pariwara

Puskesmas Tanjung Sari Pertahankan Akreditasi Madya

331
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Puskesmas Tanjung Sari, Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, kembali mempertahankan Status Akreditasi Madya dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. 

Akreditasi Madya yang diraih berdasarkan penilaian oleh tim Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (KAFKTP) Dirjen pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan RI. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT)  Puskesmas Tanjung Sari, Bahren Nortazulu menjelaskan untuk melaksanakan agreditasi sudah melalui proses yang cukup maksimal, namun memang untuk naik ke utama bukanlah hal yang mudah.

"Dapat mempertahankan status madya saja sudah cukup baik, karena ini menyangkut mutu pelayanan kesehatan masyarakat," jelasnya, kamis (24/10) 

Dia juga menjelaskan, Penilaian akreditasi Puskesmas dilakukan setiap tiga tahun sekali, sedangkan tingkatan statusnya yakni Dasar, Madya, Utama dan yang tertinggi Paripurna.

"Meskipun tidak bisa meraih status yang lebih tinggi. Alhamdulillah masih bisa pertahankan Madya," katanya. 

Menurutnya, Penilaian status akreditasi di bidang kesehatan sangat penting, karena menambah kepercayaan masyarakat yang berobat terhadap Puskesmas, meningkatkan pelayanan dan kedisiplinan kerja pegawai. 

"Penilaian akreditasi meliputi standar administrasi dan manajemen serta program puskesmas dan pelayanan puskesmas," ujarnya. 

"Meski sebentar lagi mungkin saya tidak lagi menjabat sebagai KUPT Puskesmas satempat, tetapi saya tetap berharapa agar Puskesmas Tanjung Sari Nantinya mampu menaik kan nilai  Akreditasi ke Tingkat Utama," tambahnya. (Rizal)