Home Lampung Tengah Pendidikan

Putus Mata Rantai Covid-19, SDN 1 Kalirejo Terapkan Daring Dalam KBM

97
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Guna memutus mata rantai penularan Covid-19 pada sektor pendidikan, Sekolah Dasar (SD) Negeri 1  Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menerapkan Sistem Daring dan Luring.  

Sri Suhartini, S. Pd, MM, selaku Kepala Sekolah setempat, mengatakan. 
Penerapan proses belajar mengajar, yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan scenario dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring) yang dicanangkan oleh pemerintah daerah dan pusat. Merupakan suatu upaya preventif yang cukup relevan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 pada sektor pendidikan, hingga kondisi memungkinkan untuk belajar seperti biasa. 

"Perkara Virus Corona ini, kita semua tidak bisa anggap sepele. Pribadi saya sendiri tidak mau jika siswa yang merupakan generasi penerus bangsa sampai terpapar virus tersebut. Untuk itu, sesuai dengan inturuksi pemerintah, saat ini pembelajaran langsung dialihkan dengan mekanisme dalam jaringan. namun karena tidak semua siswa memilik handphone, kami berlakukan juga mekanisme pembelajaran luar jaringan, Sambil menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah daerah," ucapnya.

Lebih lanjut Sri Suhartini, S.Pd, SD.  MM. mengatakan, sebagai panduan belajar dan untuk menambah minat belajar siswa dirumah, seluruh siswa juga diberikan pinjaman buku cetak perpustakaan selama satu tahun kedepan, tiap mata pelajaran siswa diberikan satu buku cetaknya.

"Sebagai contoh implementasi nya Dewan guru memaparkan materi pembelajaran berupa Vidio pembelajaran yang dibuat oleh masing-masing guru dan pesan suara melalui Via Whatsap group perkelas, Siswa mengamati Video dan pesan suara serta mengerjakan tugas sesuai dengan materi  pelajaran setiap harinya,kemudian siswa mengumpulkan tugasny dengan cara mengirim foto atau video ke guru untuk dinilai," jelasnya. 

Selain itu, Sri Suhartini juga menyampaikan, jika untuk menjaga keamanan, kedisiplinan, serta kebersihan di SDN 1 Kalirejo . Dewan guru beserta Stap tata usaha, tetap melaksanakan piket harian disekolah. 
Kepala sekolah juga menjelaskan kalau untuk siswa kelas 1 yang baru mendaptar pihak dewan guru mendatangi satu persatu kerumah siswa masing- masing untuk memberikan pelajaran secara langsung.

"Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik. Dewan guru dan Stap tata usaha  disekolah ini juga layak di apresiasi atas loyalitas, dan kekompakannya dalam menghadapi masa pandemi ini. Mengenai kendala-kendala yang ada bisa diatasi secara bersama," ujarnya.

Di akhir wawancara dengan Media Handalnews.id, Sri Suhartini mengucapkan Puji Syukur atas Rahmat Allah, karena mulai senin ini sudah mulai menerapkan scenario pembelajaran secara tatap muka sesuai arahan Pemerintah Daerah dan hasil kesepakatan dengan orang tua peserta didik, Sehingga saat ini diterapkan jam pagi dan jam sore.

"Dan saya berharap agar  jiwa Insan cendekia tetap melekat pada seluruh jajaran dewan guru dan Staf untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa," pungkasnya. (Iron guna)