Home Way Kanan Pemerintahan Daerah

Raden Adipati Surya: TMMD Bakti TNI Dalam Percepatan Pembangunan

125
0
SHARE
Foto: dok HandalNews.id

HandalNews.id, Way Kanan - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral dengan Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah, khususnya di Way Kanan.


Demikian ditegaskan oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam sambutannya di kegiatan TMMD ke 111, bertempat di halaman Balai Kampung Negeri Batin Kecamatan Umpu Semenguk, Selasa, (15/6).


Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 043 / Gatam, Danlanal Lampung, Danbrigif Marinir Piabung Lampung, Danlanud Bunyamin Astrakesra, Kasi Ter Kasrem 043/Gatam, Dandenkesyah 02.04.03 Lampung, Danyonif 143 / TWEJ, Danlanudad Gatot Soebroto, Danskadron 12/Serbu, Anggota Forkopimda Plus Kabupaten Way Kanan,

Sekda, Staf Ahli, Asisten dan Kepala SKPD, Kepala KPH Unit III Bukit Punggur, Camat Umpu Semenguk, Kepala Kampung Negeri Batin, anggota yang tergabung dalam Satgas TMMD, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.


Selain itu TMMD juga merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. 

"Untuk itu program TMMD tahun 2021 ini melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan fisik seperti pembangunan dan rehabilitasi sarana umum yang yang bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat serta kegiatan non-fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat," kata Adipati.


Sebab program TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program pemerintah, terutama dalam penanganan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan. Dan sebagai basis penguatan kesadaran bersama dalam menghadapi pergeseran arah kebijakan pembangunan pada era reformasi dan otonomi daerah dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


Oleh karena itu, lanjut Adipati, dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat maka diperlukan semangat kebersamaan, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan.

" Dengan adanya program kemanunggalan TNI, bersama pemerintah Kabupaten Way Kanan dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah," jelasnya.


Kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD ini meliputi, pembangunan fisik diantaranya, peningkatan kualitas jalan, pembuatan tempat Ibadah, pembuatan jembatan, pembuatan Irigasi, rehab sekolah, pembuatan sanitasi, pembuatan talud, dan pembuatan poskamling.

Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi, pasar murah, penyuluhan pemutaran film kebangsaan, pelayanan kesehatan, Sunatan massal, perpustakaan keliking, donor darah, pembagian sembako.


Pelaksanaan TMMD Ke-111 Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2021 hingga penutupan pada tanggal 14 Juli 2021. (Lumut)