Home Lampung Barat Hukum

Ratusan Juta Dana Kapitasi Puskesmas Sumber Jaya Dikorupsi

259
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lambar - Dana Kapitasi tahun 2018-2019, yang nilainya mencapai Ratusan Juta Rupiah untuk Puskesmas Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat. terindikasi dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Subianto selaku Kepala  Unit Pelaksana Teknis (UPT) beralasan lagi mengurus Virus Covid-19.

Menurut data yang ada dimeja redaksi dan pengakuan Narasumber, menjelaskan, dana kapitasi yang digelontorkan untuk UPT puskesmas Rawat Inap Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat, dikorupsi oleh Subianto dan Oknum bendahara dana tersebut.

"Kedua insane Korup memakai sistem kocok bekem," kata sumber.

Lebih jauh sumber berkata, Korupsi yang dilakukan oleh mereka berdua, mencapai ratusan juta rupiah, sebab jika kita melihat jumlah penduduk yang ada dikecamatann tersebut sebanyak 24.109 orang. Artinya dalam setiap pencairan pihak UPT mendapat bantuan Rp.144.654.000,-. Karena setiap orang mendapatkan bantuan senilai Rp.6.000.

“Anggaran kapitasi yang diterima oleh pihak UPT puskesmas sumber Jaya dikucurkan untuk beberapa kegiatan, dari setiap kegiatan tersebutlah Subianto dan Oknum bendahara mengakalinya, sehingga didalam laporan semua ter-realisasi padahal fakta yag ada tidak seperti itu bahkan ada manifulasi data," tegasnya.

Lanjut sumber, berbagai modus korupsi dilakukan oleh Subianto diantaranya,  pemotongan jasa pelayanan yang diterima oleh pegawai puskesmas,manifulasi kehadiran dan komposisi petugas puskesmas untuk penghitungan jasa pelayanan, adanya penggelembungan harga dan volume belanja dana kapitasi belanja bahan medis dan non medis. 

Dari tudingan diatas, hampir setiap pencairan kedua oknum tersebut dibanjiri uang, tak disadari dampaknya bagi masyarakat setempat sangat fatal.

Edisi mendatang kasus ini aka terus dikupas. (HADI SYAPUTRA)