Home Lampung Selatan Pariwara

Realisasi DD, Desa Pancasila Tepat Sasaran Masyarakat Rasakan Manfaat

473
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamsel - Dana Desa (DD) yang dikelola secara masif dan transparan di Desa Pancasila Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Memberikan dampak positif bagi kemajuan desa tersebut. 

Kepala Desa Pancasila Suwondo Sudarsono mengatakan, bahwa dana desa yang diterima desa tersebut digunakan untuk membangun sejumlah infrastruktur bagi masyarakat, dan tersebar di empat dusun di antaranya  membangun sarana tempat olahraga, taman, pagar makam, dan jalan rabat beton sepanjang 400 M.  

"Pembangunan yang sedang dilaksanakan sudah sangat sesuai serta mengacu pada standar oprasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan. Selain itu pembangunan yang dilakukan merupakan kesepakatan antara warga Desa Pancasila yang telah melakukan musyawarah sehingga terjamin asas pemanfaatannya," jelasnya kepada Handalnews.id, kemarin.

Ia menambahkan, jika dana desa merupakan suatu amanat yang dipercayakan oleh pemerintah pusat kepadanya selaku kepala desa, jadi Sepenuhnya harus digunakan untuk  kemajuan desa dan kepentingan masyarakat.  untuk itu sangat perlu memperhatikan aspek geologi hingga  pembangunan yang dihasilkan berkualitas serta bisa bertahan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

“Kalau hanya main asal bangun saja, dikhawatirkan akan tidak tepat sasaran. Sehingga pekerjaan yang sudah dilakukan dengan susah-payah itu hanya akan sia-sia dan mubazir. Sehingga kesannya nanti serampangan dan tidak mengikuti mekanisme,” tandas suwondo. 

Terpisah, beberapa masyarakat ketika diwawancarai mengatakan, jika mereka merasa senang dan amat bersyukur karena merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan, apalagi dalam waktu dekat ini desa mereka akan memiliki sarana tempat olahraga. 

Selain dari pada itu, mereka menilai bahwa aparatur desa sangat demokratis dalam mengambil keputusan. Hal itu terlihat dari cara mereka mengkoordinir masyarakat supaya hadir di forum hingga memutuskan secara bersama infrastruktur yang akan dibangun. (Fizai)