Home Lampung Tengah Pariwara

Realisasi DD kampung Kota Batu, Berjalan Dengan Baik

38
0
SHARE
Poto Dok : Handalnews.id

Handalnews.id, Lamteng - Pengelola Dana Desa (DD) yang dilakukan secara proposional  sukses menghantarkan Kampung Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung tengah, menjadi salah satu kampung sejahtera. Dimana kebutuhan masyarakat akan infrastruktur dapat terpenuhi dengan baik. 

Selain itu, kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan masyarakat juga sukses meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di kampung setempat. 

Sukino, Selaku Kepala Kampung setempat, ketika ditemui di kediamannya mengatakan, dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa, Pemerintah Kampung  telah melakukan musyawarah kampung, dan menyepakati bersama - sama penggunaan Dana Desa tiap tahunnya.

"Setiap kegiatan pembangunan dan kegiatan pemberdayaan atau pembinaan semua dilaksanakan sesuai dengan musyawarah kampung yang melibatkan semua lapisan masyarakat," katanya. 

Iya menjelaskan, pada tahun 2019, di bidang infrastruktur pemerintah kampung membangun Lapen ukuran 3 x 136 M, yang terletak di Dusun, pembangunan dua titik Jembatan ukuran 3 X 6 di Dusun, dan 3 titik Gorong - Gorong. Sementara di tahun 2020 realisasi kegiatan di alokasikan untuk pembangunan Lapen dengan ukuran 2,5 X 990 meter yang sekarang sudah selesai. 

"Jalan dan jembatan yg kami bangun itu menjadi urat nadi mobilitas masarakat kampung ini, jadi kita tingkatkan kualitasnya agar masarakat tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari - hari," ujar sukino.

Dikatakannya, infrastruktur jalan merupakan salah satu wujud pembangunan Kampung Kota Batu yang bisa di lihat kasat mata, "kondisi jalan yg baik bisa menjadi faktor pendukung dari kemajuan perekonomian masarakat itu sendiri," ujarnya. 

Sukino juga menerangkan, selain konsen dengan pembangunan infrastruktur, pihaknya juga fokus dengan tingkat kesejahteraan masyarakat kampung setempat. "Setiap masyarakat yang menang sangat susah atau tidak mampu akan kami upayakan agar mendapatkan bantuan," ungkapnya.

Menurut Sukino, keberhasilan dalam membenahi Kampung Kota Batu tersebut  tidak luput dari dukungan seluruh masyarakat setempat yqng rela bahu membahu dan bergotong royong dalam menciptakan pembangunan kampung yg berkualitas dengan memenuhi kemauan masarakatan, "saya menjalankan amanah yang di percayakan dengan saya sebaik baiknya semua keberhasilan ini tidak luput dari pran serta masyarakat kampung itu juga," imbuhnya. 

Sukino juga menjelaskankan, jika dirinya selaku kepala kampung harus sangat berhati-hati hati dalam melaksanakan setiap pembangunan dana desa,"saya tidak mau gegabah,saya tegas kan kepada seluruh pekerja agar semua pekerjaan di kerjakan dengan benar dan hati hati," ujarnya. 

Bagi sukino dirinya sepenuhnya menyadari jika Dana Desa merupakan program untuk menciptakan pemerataan pembangunan yg di mulai dari desa, artinya jika dirinya tidak berusaha dgn baik memanfaat bantuan tersebut sama saja mengkhianati kepercayaan kepadanya.

Lebih lanjut di jelaskan, dirinya selaku kepala kampung tidak menangani secara langsung namun dia mengakui haya memantau jalan pembangunan agar senantiasa berjalan secara benar dan tidak kesalahan.

Sejauh ini dari, pengamatan awak media ini, kerja keras Sukino dalam memimpin Kampung Kota Batu, memang sudah cukup membuat hasil, hampir sebagian besar kondisi jalan dan jembatan sudah di perbaiki, selain itu Fasilitas infrastur penunjangg lain juga sudah terpenuhi dengan baik.   (Iskandar HS)