Home Lampung Selatan Pemerintahan Daerah

Reses di Merak Belantung, Masyarakat Sampaikan Aspirasi Kepada RMI

85
0
SHARE
Foto dok: Rizal

KALIANDA (HandalNews) Masyarakat Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, menyampaikan aspirasi kepada Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Ir. Raden Muhammad Ismail (RMI), saat mengadakan reses di Balai desa setempat, Sabtu lalu. 


Reses yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut di hadiri oleh, Kepala Desa Merak Belantung, Jhoni; Camat Kalianda, Zahidan, Ketua Bumdes, Iwan (tokoh masyarakat-red); Ketua BPD, Muhammad Zainuri; Bhabinkamtibmas, kepala dusun, ketua RT, ketua Tim Penggerak dan ibu-iIbu PKK Merak Blantung, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat setempat, serta acara tersebut di moderatori oleh Syafriza Syani, S.E.,A.Kt.

Dalam sambutanya, Kepala Desa Merak Belantung, Jhoni, mewakili seluruh unsur masyarakat mengucapakan terimakasih kepada RMI yang sudah mau hadir di desa tersebut. “Mudah-mudahan dengan hadirnya Wakil Ketua III DPRD Provinsi Lampung ini bisa menampung aspirasi dari masyarakat Desa Merak Belantung, untuk bisa di sampaikan ke Pemerintah Provinsi Lampung,” uajrnya. 

Dijelaskan Jhoni jika luas wilayah Merak Belantung adalah 1400 Hektar, terbagi dalam 6 dusun, 16 RT, dengan jumlah penduduk 4622 jiwa atau 1294 KK. 

“Kami menyampaikan ini biar menjadi salah satu pertimbangan bapak kedepan untuk membantu Desa Merak Belantung, kami memohon aspirasi kami bisa ada yang terserap dan diberikan kepada desa kami,” ujarnya. 

iya meneruskan, Desa Merak Belantung memiliki aspirasi yaitu sarana air bersih seperti Pamsimas dan bantuan perbaikan jalan. “Di dataran rendah air terasa payaw sementara di dataran tingginya susah air, kami ada proposal, telah kami buat, kami menitip aspirasi kami dari masyarakat semoga di tahun 2022/2023 ada realisasinya,” harapnya. 

Selain itu, Camat Kalianda juga mengucapakan terima kasih atas kehadiran RMI di Desa Merak Belantung. “Saya mewakili kecamatan sangat merasa bangga, karena jarang ada pimpinan DPRD Provinsi Lampung hadir di tengah kita. Kenapa beliau mengutamakan masuk di Kalianda, karena beliau ini adalah keluarga kita, tujuanya adalah membantu masyarakat di Kalianda,” ungkapnya. 

Iya meneruskan, RMI berkunjung ke Desa Merak Belantung untuk mendengarkan aspirasi masyarakat semua. “Beliau ingin melihat apa kebutuhan dan problema di Kecamatan Kalianda, khususnya di Desa Merak Belantung untuk bisa di sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Lampung,” terusnya.

Ia juga mengatakan jika makin banyak dikunjungi maka akan makin terpenuhi bantuan infrastruktur. “Saya berharap apa yang diusulkan kalau bisa dapat terpenuhi sangat berterimakasih. Merak Belantung ini pantainya terpanjang dan mempunyai objek wisata yang paling banyak, orang yang kenal Kalianda pasti tau Desa Merak Belantung,” ungkapnya. 

Selain itu, Iwan salah seorang tokoh masyarakat setempat, dalam diskusi reses mengatakan sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada RMI. “Kami sangat merindukan hal seperti ini, Alhamdulilah rindu kami terobati, sudah lama sekali desa kami tidak dikunjungi oleh petinggi-petinggi seperti ini. Kami berharap apa yang dapat RMI berikan ke desa ini tentunya kami berterimakasih sekali, mudah-mudahan semua yang bisa dilakukan RMI untuk desa kami ini bisa kami balas,” ungkapnya. 

Dilain sisi, RMI dalam Pidatonya mengucapakan terimakasih kepada Pemerintah Desa Merak Belantung dan masyarakat yang sudah menyambut dirinya dengan sangat baik. 

Ia menjelaskan jika kegiatan reses merupakan salah satu kegiatan rutin yang di lakukan oleh Anggota DPRD Provinsi Lampung. 

Disampaikannya, salah satu tujuan dari reses ialah mensosialisasikan tugas-tugas anggota DPRD dan Pemerintah Provinsi Lampung Lainya, serta menampung aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah terkait. 

Ia juga mengatakan, selain kegiatan reses terdapat juga kegiatan lain seperti, Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) dan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda).

Dilanjutkannya, sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung dirinya memiliki tugas untuk merancang atau membuat Peraturan Daerah (Perda), mengesahkan anggaran yang direncanakan pemerintah daerah, melakukan pengawasan terhadap pemerintah. 

Pada kesempatan itu juga, RMI memberikan bantuan sebagai bentuk partisipasi dalam pembanguan dan perbaikan Masjid yang ada di Desa Merak Belantung. Selain itu, saat sesi tanya jawab, beberapa masyarakat menyampaikan aspirasinya seperti, bantuan perbaikan jalan, gorong-gorong, air bersih dan bantuan pembangunan atau perbaikan Masjid. 

Dalam menyikapi aspirasi dari masyarakat tersebut, RMI mempersilahkan Pemerintah Desa Merak Belantung dan masyarakat untuk membuat proposal. “Kalau untuk Masjid, buat proposal lagi, karena di provinsi ada bantuan masjid, kira-kira Rp10 juta. Tetapi Pak Jainuri kalau kita buat sekarang agak lama bisa dapat tahun 2023, tapi saya akan berupaya agar bisa dapat bantuan di tahun 2022, saya akan memperjuangan aspirasi yang sudah disampaikan di Pemprov,” ungkapnya. 

“Untuk jalan silahkan bikin proposal, meskipun tidak mendapatkan bantuan Full dapat bantuan berapa kilometer kita sukuri saja, tapi kita tetap berikhtiar semoga bisa terealisasi,” jelasnya. (Rizal)