Home Lampung Selatan Sosial

Reses Tahap II, RMI Serap Aspirasi Masyarakat Pelosok Desa

118
0
SHARE
Foto: Kegiatan Reses II Ir. Raden Muhammad Ismail

HandalNews.id, Lampung Selatan - Demi berjuang untuk rakyat Lampung, Ir. Raden Muhammad Ismail (RMI), Selaku Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, melakukan reses tahap II di wilayah yang cukup terplosok, tepatnya di Dusun 10 Suka Negara, Desa Tanjung Ratu, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (10/5/2021).


Diketahui Desa Tanjung Ratu merupakan salah satu desa terluas yang ada di kecamatan setempat, memiliki kurang lebih 3000 KK dan 12 Dusun. Melihat wilayah yang cukup luas tersebut RMI berupaya untuk menampung aspirasi masyarakat Dusun 10 yang wilayahnya cukup terplosok dengan kondisi jalan yang kurang baik. 


Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Desa Tanjung Ratu, Berta Lena, Sekretaris Desa, didampingi Sekretaris Desa M. Ahmad, Mantan Anggota DPRD Lamsel, Kiyai H. M. Habib, Kadus Sukanegara Husni, Para Kadus dan RT, Tokoh Pemuda, sedesa Tanjung Ratu Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan segenap elemen Masyarakat lainya. 


Dalam sambutanya, RMI mengucapkan, terimakasih kepada masyarakat dusun setempat yang sudah bersedia hadir dan menerima dirinya dengan sangat baik. Dirinya menjelaskan jika tujuannya hadir di tengah - tengah masyarakat Dusun Sukanegara, ialah untuk menampung aspirasi masyarakat dan juga bersilaturahmi kepada mereka (Masyarakat-red). 



Selain menjelaskan biografinya, RMI juga menjelaskan tentang apa itu reses. 

"Bapak - bapak, Ibuk - ibuk saya hadir kesini dalam rangka tugas saya, selain tugas tugas rutin pekerjaan saya di kantor, saya juga punya tugas turun ke masyarakat yaitu reses ini, saya bersilaturahmi kepada masyarakat dan menampung aspirasi masyarakat," katanya. 


Iya menjelaskan jika, dalam satu tahun terdapat kurang lebih 25 kali turun bersosialisasi ke masyarakat. selain kegiatan reses ada juga kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) dan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan kebangsaan. 


Dirinya mengatakan, meskipun kurang beristirahat tetapi tetap semangat ke Dusun 10 untuk ketemu bersilaturahmi dan menampung aspirasi masyarakat. 


Dirinya berharap, masyarakat dapat menjalin silaturahmi kepadanya. "Pak sekdes, Buk kades, bapak - ibuk jalinlah silaturahmi kepada saya, kalau ada perlu siapa tau saya bisa bantu," katanya. 


RMI menawarkan kepada masyarakat agar manfaatkan dirinya sebagai anggota DPRD. 

"Seperti kalau butuh bantuan jalan, jembatan silahkan ajukan nanti akan saya sampaikan dan perjuangkan di Provinsi Lampung," katanya.


Dilain sisi, Pada sesi tanya jawab, Pak Sunarji selaku RT menjelaskan jika jalan Dusun 10 Suka Negara tepatnya dari pertigaan Dusun 10 hingga Daerah Way Sulan dengan panjangnya 1,5 KM, tidak pernah mendapatkan perhatian dari pemerintah, bahkan sejak dirinya kecil jalan tersebut tidak ada perbaikan sama sekali. Dirinya berharap bapak RMI agar bisa memperhatikan jalan itu, dan merealisasikan perbaikan jalan khusunya RT-nya. 


Menyambut penjelasan tersebut, RMI Menjelaskan, akan membantu untuk mengajukan bantuan ke pihak provinsi dalam bentuk proposal bantuan perbaikan jalan. Dirinya sebagai anggota DPRD akan mengajukan dan memperjuangkanya di Provinsi dan menindaklanjutinya dengan langkah nyata dengan menerima Proposal yang diajukan Kepala Desa Tanjung Ratu secara langsung.



Diakhir acara reses ketika diwawancarai oleh awak media ini, RMI mengatakan, Kecamatan katibung mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat baik, oleh karenanya harus dibarengi dengan Sumber Daya Manusia yang juga baik serta tekat pemuda - pemuda untuk menimba ilmu setinggi - tingginya. 


Selain itu ia juga menerangkan, dalam kurun waktu yang pendek dirinya melihat secara langsung bahwa wilayah Kecamatan Katibung harus ditunjang oleh bantuan -bantuan infrastruktur baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten. 


" Kecamatan Katibung ini cukup luas dengan kontur geografi yang memang pariatif ada bukit ada lembah sehingga memerlukan sentuhan bantuan yang cukup untuk kecamatan Katibung," jelasnya. 



Dilain sisi, Berta Lena selaku Kepala Desa, ketika diwawancarai mengatakan sangat senang sekali dengan kedatangan RMI di Dusun Suka Negara khususnya di Desa Tanjung Ratu.


 "beliau menampung inspirasi keinginan masyarakat, dan insya Allah Pak Raden mau membantu jalan kami dan semoga bisa bermanfaat untuk orang banyak, " katanya. 


Dirinya juga mengatakan, sudah mempersiapkan proposal pengajuan bantuan jalan untuk diserahkan ke RMI. "karena kami sudah tahu sebelumnya jika pak Raden akan hadir jadi kami langsung persiapkan proposal permohonan bantuan jalan, dan mudah mudahan pak Raden bisa membantu masyarakat kami," harapnya. (Rizal)