Home Lampung Selatan Politik

RMI Serap Aspirasi Rakyat di Desa Gunung Terang

98
0
SHARE
Foto dok: Rizal

Lampung Selatan (HandalNews) Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, Ir. Raden Muhammad Ismail (RMI) melaksanakan Reses tahap 3 di Desa Gunung Terang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (11/9/2021). Pada kesempatan itu RMI memberikan bantuan untuk perbaikan plapon Aula desa. 


Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan tersebut dihadiri oleh, PJ Kepala Desa Gunung Terang, Mubsir; Babinsa, Andi; Babinkamtibmas, Zairul, Staff Desa Gunung Terang, Ibuk - Ibuk PKK, Para Calon Kades, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta masyarakat setempat dan dimoderatori oleh Syafrizal Syani, S.E., A.Kt.


Dalam sambutanya, Pj. Kades, mengucapkan terimakasih yang sebesar - besarnya kepada RMI beserta rombongan yang sudah mau datang melaksanakan kegiatan reses di Desa Gunung Terang. 

"Ini baru yang pertama kali ada anggota DPRD Provinsi Lampung berkunjung ke desa kami, kalau Anggota DPRD Kabupaten sudah sering, jadi kami mengucapkan sangat berterimakasih sekali kepada Pak Raden Muhammad Ismail," katanya. 

Ia menjelaskan, Desa Gunung Terang terbagi menjadi 4 Dusun, 11 RT, penduduk 2730 Jiwa, 727 KK, dengan luas wiayah 864 Hektar, serta memiliki luas sawah tanah hujan dan sawah irigasi 235 hektar dan ladang 335 hektar. 

Selain itu, Mubsir juga mengharapkan adanya bantuan untuk Masjid, dan bedah rumah. 

"Ini ada beberapa pak yang kami usulkan seperti, peningkatan jalan dari Onderlagh ke hotmix panjang 1700 M X 3 M, bantuan Perbaikan Gorong - Gorong. Lalu ada juga Aspirasi dari kawan - kawan kita dari kelompok tani yaitu Hand Astor 2 unit, mesin perontok 3 unit, dari budaya pakaian adat, dan sarana bermain anak - anak dan Posyandu belom ada perosot - perosotannya kalau seandainya di provinsi ada bisalah di kirim ke tempat kita," ungkapnya. 

Menyikapi Aspirasi yang disampaikan tersebut, RMI mempersilahkan kepada pemerintah desa setempat untuk mengajukan permohonan bantuan dalam bentuk proposal. 

"Saya tunggu sampai bulan Desember ini, nanti bisa menghubungi staf saya Pak Syani, nanti saya bantu ajukan di Provinsi, tetapi ada beberap yang tidak masuk pada prioritas di provinsi, seperti pakaian adat, sarana bermain anak, dan posyandu, itu belom ada, kalau untuk jalan dan bantuan Perbaikan atau pembangunan masjid bisa," jelasnya. 

Selain itu RMI menjelaskan jika Kegiatan Reses Merupakan salah satu kegiatan rutin yang di lakukan oleh Anggota DPRD Provinsi Lampung.

Dirinya menyampaikan, salah satu tujuan dari reses ialah mensosialisasikan tugas tugas anggota DPRD dan Pemerintah Provinsi Lampung Lainya, serta menampung aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah terkait. 

 "Dalam satu tahun ada tiga kali masa sidang, dalam tiap kali masa sidang diwajibkan turun ke masyarakat," jelasnya. 

Ia juga mengatakan, selain kegiatan Reses terdapat juga kegiatan lain seperti, Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) dan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda).

Dilanjutkannya, Sebagai Anggota DPRD Provinsi Lampung dirinya memiliki tugas untuk Merancang atau membuat Peraturan Daerah (Perda), mengesahkan anggaran yang direncanakan pemerintah daerah, Melakukan pengawasan terhadap pemerintah. 

Pada sesi tanya jawab, RMI memberikan bantuan perbaikan Plapon Aula Desa yang saat itu terlihat kurang baik. (Rizal)